Cerita Pemkot Kediri Antarkan ODGJ Ke RSJ Lawang Malang Untuk Dirawat

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pemerintah Kota Kediri tidak tebang pilih dalam memberikan perhatian pada seluruh masyarakat Kota Kediri, termasuk memberikan perhatian pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).


Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial dan Tim Reaksi Cepat perlindungan sosial mengantarkan MJB, remaja asal kelurahan Ngampel Mojoroto Kota Kediri melakukan control di RSJ Lawang Malang. 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kota Kediri Luluk Nita Kumala mengatakan, bahwa sebelumnya MJB telah melakukan perawatan di RSJ Lawang Malang. 

“Bulan Juni 2021 lalu, kami memfasilitasi yang bersangkutan, warga kelurahan Ngampel tersebut berangkat menjalani perawatan inap intensif di RSJ Lawang,” Kata Luluk Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Jumat (3/9).

Pasca menjalani opname, melakukan kontrol ke poliklinik jiwa RSJ Lawang yang harus dilakukan oleh MJB guna memastikan kondisi kesehatannya. Karena keharusan ini, Dinsos melalui TRC segera mengambil langkah dengan menfasilitasi pasien tersebut untuk menjalani kontrol.

Selama menjalani perawatan intensif di RSJ Lawang, MJB menunjukkan perubahan yang baik menuju kesembuhan seperti sedia kala. 

“Harapannya dengan tetap rajin minum obat, dukungan orang tua dan orang orang terdekatnya serta adanya aktifitas positif sehari hari yang bersangkutan akan menjadi sehat jiwanya tentu juga sehat lahiriah nya,” ujar Luluk

“Sebab peran serta masyarakat dalam upaya rehabilitasi sosial bagi ex-ODGJ ini sangat diperlukan, mengembalikan fungsi dan peran sosial mereka di masyarakat menjadi tanggung jawab bersama, disamping itu disetiap kecamatan Dinsos juga ada pendamping yang siap memberikan pendampingan bagi para ODGJ,” pungkasnya.