Satlantas dan Dishub Magetan Gelar Ramp Check Gratis, Untuk Keamanan dan Kenyamanan Mudik

Awak bus antar kota antar provinsi jalani
Awak bus antar kota antar provinsi jalani

Untuk keamanan, kenyamanan mudik lebaran 2024, Satlantas dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggelar "Ramp Check" (proses pemeriksaan kondisi fisik bus, kelengkapan administrasi dan perizinannya) gratis di terminal Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


"Ramp Check yang kami gelar meliputi pemeriksaan Kartu Uji, Kartu Pegawai Reguler, Kartu Pegawai Cadangan, SIM Pengemudi, Pengereman, Penerangan/Lampu, Badan kendaraan, Ban, dan Perlengkapan kendaraan lainnya," kata Kasat Lantas Polres Magetan AKP Sony Suhartanto didampingi Kasubbag Humas Polres Magetan Kompol Budi Kuncahyo kepada Kantor Berita RMol.Jatim, Selasa (9/4).

Menurutnya, Ramp Check dilakukan untuk mengantisipasi potensi kecelakaan di jalan, agar penumpang nyaman, aman selama dalam perjalanan dan selamat sampai tujuan.

"Sedang petugas lain, melakukan pengecekan unsur penunjang, seperti body kendaraan, tempat duduk, perlengkapan keselamatan, tool (peralatan) tanggap darurat, dan kondisi fisik pengemudi," ungkap AKP Sony.

Dirinci AKP Sony, kelengkapan- kelengkapan emergency pada kendaraan seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan), palu pemecah kaca, dan P3K juga dipastikan tersedia.

"Angkutan bus yang dinyatakan lulus "Ramp Check" akan kami pasang tanda dengan menempeli Stiker yang dilengkapi dengan barcode,"ujar Kasat Lantas Sony Suhartanto.

Diharapkan, lanjut AKP Sony Suhartanto, Ramp Check ini dapat memberikan kontribusi dalam menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan pemudik selama musim mudik Lebaran tahun 2024 ini.

Diungkapkan Kasat Lantas, dari ratusan bus antar kota dalam provinsi dan antar kota antar provinsi, semuanya dinyatakan aman dan laik jalan. Selain itu petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan urine pada seluruh awak/kru kendaraan. 

"Alhamdulillah, hasil tes urine seluruh kru bus yang diperiksa semua hasilnya negatif dari kandungan narkotika. Sedang hasil tes kesehatan, semua dalam kondisi prima atau sehat,"kata Kasat Lantas Polres Magetan AKP Sony Suhartanto.