Bupati Tuban Tinjau Ujian Seleksi PPPK Guru

  Bupati Tuban meninjau beberapa tempat pelaksanaaa ujian PPPK/Ist
Bupati Tuban meninjau beberapa tempat pelaksanaaa ujian PPPK/Ist

Bupati Tuban Aditya Halindra melakukan peninjauan pelaksanaan ujian seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru di lingkungan kabupaten setempat. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Drs. Nur Khamid, Kepala BKPSDM M. Nur Hasan, peninjauan dilakukan di beberapa lokasi ujian, di antaranya SMA 1 Tuban, SMA 2 Tuban, SMA 3 Tuban, dan SMK 1 Tuban.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban  berdialog dengan beberapa peserta ujian, dan memberi semangat agar bisa mengerjakan dengan baik dan dinyatakan lolos. 

“Saya do’akan semua lolos,” kata bupati, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (14/9).

Usai peninjauan, Bupati Lindra  menyampaikan, ada banyak formasi yang tersedia dalam PPPK Guru tahun ini. Diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi para guru honorer atau GTT yang telah mengabdi bertahun-tahun lamanya untuk memiliki status yang lebih menjanjikan.

“Saya tadi lihat ada yang sudah mengabdi 5 tahun, 10 tahun hingga 18 tahun lebih. Mudah-mudahan beliau-beliau ini dinyatakan lolos,” harap Bupati Tuban.

Selama peninjauan tidak ditemukan kendala berarti, baik server komputer hingga teknis lainnya. Meski satu diantara peserta yang melaksanakan ujian hari ini dinyatakan positif Covid-19, Mas Lindra, panggilan akrabnya, menegaskan penjadwalan ulang untuk peserta tersebut akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Nur Khamid, , mengatakan, ada 3.009 formasi tersedia pada pelaksanaan PPPK Guru tahun ini. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak ke dua di Jawa Timur dan dapat mengisi seluruh kekurangan tenaga pengajar di Kabupaten Tuban. 

“Biasanya dalam formasi CPNS kita hanya diberi kuota formasi paling banyak 100 sampai 150 saja, kali ini paling banyak,” jelas Nur Khamid.

Meski jumlah formasi terbilang banyak, hanya 2. 908 yang dinyatakan lolos di tahap administrasi dan mengikuti seleksi ujian Seleksi Kompetensi I bagi PPPK Guru pada 13-16 September 2021. “Masih ada 101  formasi guru yang belum terisi,” ungkap Nur Khamid.

pelaksanaan Seleksi Kompetensi I PPPK Guru terbagi di 5 titik, yaitu SMAN 1 Tuban, SMAN 2 Tuban, SMAN 3 Tuban, SMAN Tambakboyo, dan SMKN 1 Tuban. Pelaksanaan ujian dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh peserta juga telah menjalankan tes swab antigen Covid-19.