Peserta Minim Akibat Terganjal PP 54/2017, Wali Kota Eri Wajibkan Pegawai PDAM Surya Sembada Ikut Seleksi Direksi

 Wali Kota Eri menandatangani pengumuman semua pegawai wajib untuk mengikuti seleksi Direksi PDAM/RMOLJatim
Wali Kota Eri menandatangani pengumuman semua pegawai wajib untuk mengikuti seleksi Direksi PDAM/RMOLJatim

Munculnya aturan baru dalam rekrutmen Calon Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya yakni perberlakuan PP Nomer 54 tahun 2017 membuat Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi harus memutar otak.


Ini lantaran perpanjangan terhitung ke tiga kalinya masa pendaftaran calon Direksi PDAM itu hanya sepekan yakni mulai Selasa (14/9) hingga Senin (20/9).

Nah, oleh sebab itu, dalam masa perpanjangan seleksi ini, Wali Kota Eri juga meminta kepada seluruh pegawai PDAM mulai dari jajaran manager hingga staf yang memenuhi persyaratan, agar ikut mendaftar seleksi Calon Direksi PDAM. 

“Tadi saya sampaikan kepada Dewas PDAM, saya tandatangani pengumumannya bahwa semua pegawai yang memenuhi persyaratan wajib untuk mengikuti seleksi. Tidak perlu sungkan," pinta Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai menggelar rapat bersama Panitia Seleksi (Pansel) Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, Senin (13/9).

Bahkan bila pegawai PDAM Surya Sembada yang potensial tak mau ikut seleksi calon Direksi PDAM maka Wali Kota Eri akan menegurnya. 

"Lek gak daftar padahal mampu malah tak takoi kenek opo gak daftar (Kalau tidak daftar padahal mampu malah nanti akan ditanyai oleh wali kota, kenapa tidak daftar)," tegasnya.

Wali Kota Eri menambahkan langkah yang mewajibkan pegawai PDAM Surya Sembada agar ikut seleksi Direksi ini sebab pihaknya ingin menghilangkan stigma bila bawahan selalu tertinggal bahkan tak boleh mendahului atasannya dalam berkarir.

"Karena saya menghilangkan kesan yang junior gak enak sama senior. Gak daftar. Karena saya mencari orang yang bermanfaat bagi umat saja lah," tegasnya.

Dalam rekrutmen Calon Direksi PDAM ini, Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya berharap nantinya ada perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya dalam mengelola perusahaan plat merah ini.

"Saya ingin banyak pilihan-pilihan yang bisa kita lakukan karena perubahan ini dibutuhkan orang solutif, orang yang memang penuh inovatif. Jadi gak onok seng enom nguber-nguber jabatan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sejak pendaftaran calon direksi PDAM dibuka pada 7 Juli 2021, ada 52 pelamar calon direksi PDAM. Rinciannya, terdiri dari tujuh orang pelamar untuk jabatan Direktur Utama, 12 orang untuk posisi Direktur Operasional , dan 33 orang Direktur Pelayanan.

Karena masih ada posisi yang belum memenuhi harapan Pansel, yang mana Pansel ingin setiap posisi minimal ada 10 pelamar.

Untuk memenuhi jumlah pelamar formasi jabatan Direktur Utama, maka Pansel memutuskan untuk memperpanjang pengumuman pendaftaran tahap kedua, mulai tanggal 25 Agustus hingga 8 September 2021.

Sedangkan untuk tahapan seleksi Direksi PDAM Surya Sembada itu terdiri dari seleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatutan, dan wawancara akhir.