Situbondo Masuk Level 1, Bupati Akui Pakai Kiat Khusus Terapkan PPKM

Bupati Situbondo Karna Suswandi/RMOLJatim
Bupati Situbondo Karna Suswandi/RMOLJatim

Kabupaten Situbondo satu dari 9 kabupaten/kota di Jawa Timur, yang dinyatakan masuk level 1 (satu) berdasarkan asesmen yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait situasi Covid-19 selama pelaksanaan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).


"Kami atas nama Pemerintah kabupaten mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen pemerintahan, yang selama ini sudah bahu membahu mengawal pelaksanaan PPKM. Ini adalah keberhasilan masyarakat Situbondo," ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (17/9).

Kendati dinyatakan level 1, sambung Karna lagi, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Karena adanya varian baru Covid harus tetap diwaspadai, dan hanya bisa terpotong rantai penularannya dengan cara menerapkan prokes secara ketat.

Lebih lanjut pria yang karib dipanggil Bung Karna itu menegaskan, jika Pemkab bersama Satgas Covid-19 Kabupaten terus berinovasi, bagaimana selama pelaksanaan PPKM berhasil untuk menekan angka penularan Covid-19. Karna menjelaskan, ada beberapa kiat khusus yang harus dilakukan Satgas, bagaimana PPKM bisa menekan 

"Kami sempat ditegur oleh Pemprov, karena dikhawatirkan pandemi di Situbondo tidak bisa tertanggulangi. Tetapi Alhamdulillah, dari hasil asesmen Situbondo dinyatakan level satu," bebernya lagi.

Saat ini Pemkab sedang berkonsentrasi untuk menggenjot angka persentase vaksin, berbagai cara terus dilakukan agar cakupan vaksin bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat, sehingga bisa mencapai herd immunity, atau tingkat kekebalan masyarakat terhadap virus secara masif.

"Mari kita terus bahu membahu sosialisasikan pentingnya vaksin, agar herd immunity ini bisa segera tercapai. Kami sadar sangat sulit memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait vaksin, namun kita tidak boleh menyerah dan harus terus memberikan sosialisasi," tutupnya.

Seperti diketahui, PPKM Jawa Bali, Jawa Timur terbanyak memiliki kabupaten/kota yang dinyatakan level 1 PPKM, sementara urutan kedua ada Jawa Barat dengan 2 kota/kabupaten, Jawa Tengah hanya satu kabupaten/kota, sementara empat provinsi lainnya yaitu Jakarta, Banten, DI Jogjakarta, serta Bali belum ada kabupaten/kota masuk level satu.