Pemkab Jember Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling yang Dianggap Canggih

Bupati Jember, saat jumpa pers bersama Anggota DPR-RI Komisi X, Muhammad Nur Purnamasidi
Bupati Jember, saat jumpa pers bersama Anggota DPR-RI Komisi X, Muhammad Nur Purnamasidi

Kolaborasi Anggota DPR-RI Komisi X Dengan Bupati Jember, Untuk Kemajuan Pendidikan Di Kabupaten Jember.


Bupati Jember, Hendy Siswanto didampingi Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjauan Barlaman, menerima bantuan mobil Perpustakaan Keliling Canggih.

Atas  upaya anggota DPR RI dari Komisi X Fraksi Golkar, Muhammad Nur Purnamasidi (Bang Pur) serah terima mobil tersebut,  dilakukan  di teras Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Sabtu (18/9) sore. 

"Terima kasih kepada Bang Pur atas kontribusinya terhadap Jember, atas upayanya menyambungkan Pemkab Jember kepada perpustakaan negara. Ini mendapatkan mobil perpustakaan keliling lengkap dengan isinya," kata Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat jumpa pers usai serah terima mobil perpustakaan.

Menurutnya, mobil perpustakaan ini sangat menarik dan akan segera diluncurkan ke masyarakat. Terlebih lagi, saat ini masih pandemi Covid-19. Tetap akan keliling dengan prokes  ke tempat-tempat keramaian pusat kota Jember, kecamatan dan desa.

"Terutama pada setiap Jumat, Sabtu dan Minggu akan berkeliling di tempat-tempat keramaian seperti alun-alun Kota Jember, kecamatan Bangsalsari, Kecamatan Silo dan tempat keramaian lainnya. Mudah-mudahan mobil perpustakaan keliling ini, bisa bertambah lagi," harapnya.

Dia menjelaskan, mobil perpustakaan itu tergolong canggih. Mobil Toyota Hilux dimodifikasi menjadi sebuah perpustakaan bergerak dengan dilengkapi Library digital system. Ada satu set televisi berfungsi sebagai bahan pembelajaran secara audio visual. Selain itu ada juga 1 unit komputer yang terdapat Aplikasi Perpusnas dengan Inlislite versi 3. Juga rak buku-buku dan tab bisa dipinjam selama 5 hari. Mobil juga dilengkapi genset yang bisa bertahan selama 3 jam bila kunjungan ke daerah terpencil.

Perpustakaan keliling ini, sebagai sarana edukasi supaya masyarakat dan siswa gemar membaca. 

"Gemar membaca sangat penting, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, 2 siswa SD diminta menjajal perpustakaan elektronik melalui tablet. Keduanya  membaca literasi e book lewat tablet (peralatan mobil perpustakaan) dan tersambung online dengan sinyal WiFi dari mobil perpustakaan.

Sedangkan Anggota DPR-RI Komisi X, Muhammad Nur Purnamasidi, menjelaskan kunjungan kerjanya ke Jember,  tidak saja membawa mobil perpustakaan tetapi juga program beasiswa, untuk SD, SMP, SMA/SMK.

"Ada 25.000 beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) untuk siswa SD SMP dan SMA atau SMK. Selain itu beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, jumlahnya 500. Itu diberikan sampai lulus,” terang anggota komisi, yang membidangi pendidikan, olah raga dan sejarah ini.

Bahkan bantuan ini dilengkapi bantuan TIK lembaga pendidikan, yaitu bantuan sarana dan prasarana, berupa komputer untuk 30 sekolah, masing-masing menerima 10 hingga 11 unit komputer.

"Bantuan ini diberikan untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Jember melaksanakan pembelajaran daring," katanya.