World Clean Up Day 2021 Jember, Muspika Mayang Persatukan Pesilat PSHT Dan Pagar Nusa.

Aksi bersih-bersih Camat, Kapolsek Danramil berama PSHT dan Pagar Nusa di kecamatan Mayang.
Aksi bersih-bersih Camat, Kapolsek Danramil berama PSHT dan Pagar Nusa di kecamatan Mayang.

Momentum World Clean Up Day 2021 Jember ( Hari bersih sedunia), dimanfaatkan Muspika Kecamatan Kabupaten Jember, untuk membangun kebersamaan dan kesetiakawanan sosial Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa NU dengan perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di halaman kantor Kecamatan Mayang, Sabtu (18/9).


Kegiatan hari bersih dunia ini, juga bersama Banser, Polri-TNI,  Relawan BPBD, melakukan apel bersama. 

" Usai Apel, mereka langsung bersama-sama melakukan bersih-bersih sampah di sekitar Kantor Kecamatan Mayang,  Kantor Koramil dan Polsek Mayang, juga sekitar pasar Mayang," kata Komandan Koramil Mayang, Kapten CHB Aliyil Abror, kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Menurut dia pihak Muspika Mayang (Camat Mayang, Kapolsek Mayang, Danramil)  mengundang pesilat Pagar Nusa, PSHT Juga Banser bersama Polri-TNI melakukan bersih-bersih bersama-sama, dalam peringatan hari bersih-bersih sedunia ini. 

Momentum hari Bersih sedunia ini, dijadikan penyemangat untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan. Sasaran bersih-bersih adalah halaman instansi pemerintah setempat juga selokan-selokan, Apalagi saat ini, sudah akan memasuki musim hujan, mengantisipasi terjadinya banjir genangan.

"Yang terpenting antara para pesilat dan perguruan silat, yang ada terjadi hubungan yang harmonis, saling menghormati, sehingga sama-sama bisa menjaga kondusifitas wilayahnya," katanya. 

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, kegiatan bersih-bersih, dilakukan serentak seluruh kecamatan di kabupaten Jember. Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengeluarkan surat instruksi kepada OPD, untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan World clean up Day Kabupaten Jember tahun 2021.

"Luar biasa sekali, di Jember ini banyak komunitas pegiat sampah, ada 180 komunitas pegiat sampah dengan 6.325 orang," kata Bupati Hendy saat menghadiri acara bersih-bersih lingkungan dilaksanakan di TPA Pakusari.

Dia  berjanji akan membuat Perda Sampah yang akan menjadi dasar hukum mengatur kebersihan lingkungan, tuntas tahun 2021.