Pemkab Kediri Serahkan Bantuan Modal Kepada Ratusan UMKM Terdampak Pandemi

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Untuk membantu UMKM dan pedagang kecil bisa bangkit dan bertahan di tengah pandemi, Pemerintah Kabupaten Kediri, Senin 20 September menyerahkan bantuan modal kepada ratusan UMKM dan pedagang kecil yang terdampak pandemi covid-19.


Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di pabrik sari kedelai, yang berada di Desa Ploso Lor, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, sebanyak 830 penerima manfaat, dengan total dana sekitar Rp 4,9 miliar.  Harapannya, seluruh masyarakat yang terdampak pandemi  bisa bangkit. 

"Saya berusaha untuk mengembalikan perekonomian masyarakat, khususnya para oelaku UMKM yang terdampak covid 19. Semoga dengan bantuan ini, bisa membantu para pelaku UMKM untuk bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi selama ini," Kata Bupati Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (20/9). 

Bupati juga berharap, kedepan masyarakat kabupaten Kediri terutama UMKM dan pedagang kecil bisa tetap semangat. Para pedagang UMKM atau pedagang keliling yang mengeluhkan omsetnya turun, Pemerintah Kabupaten Kediri akan membantu semaksimal mungkin, agar para UMKM ini kembali bangkit. 

Bantuan sendiri diberikan dalam bentuk dana modal. Untuk bantuan alat-alat produksi sendiri hanya bisa diberikan kepada kelompok UMKM yang sudah berbadan hukum. Kedepan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) Kabupaten Kediri diminta untuk terus melakukan pendampingan kepada usaha kecil yang belum berbadan hukum.