Tiga Kandidat Calon Bertarung Dalam Pemilihan Kwarcab Gerakan Pramuka Jember 2021-2026

Bupati Hendy Siswanto saat pembukaan Muscab Pramuka Jember di Pendopo Wahya Wibawagraha/Ist
Bupati Hendy Siswanto saat pembukaan Muscab Pramuka Jember di Pendopo Wahya Wibawagraha/Ist

Pengurus Kwartir Cabang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) untuk memilih ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jember masa Bhakti 2021-2026 di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Kamis (23/9) pagi. 


Acara tersebut dibuka langsung Bupati Jember, Hendy Siswanto, didampingi kwarda Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil.        

Begitu dibuka, sudah beredar tiga nama sebagai calon Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan  Pramuka Jember yang akan membawa kemajuan Pramuka Jember 5 tahun kedepan.

Ketiga nama tersebut adalah KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, PLT BPKSDM Jember, Sukowinarno dan Plt Dispora, Muhamad Yusuf. 

"Nama-nama tersebut hasil penjaringan dari seluruh Kwartir Ranting Pramuka Se-kabupaten Jember, bulan September 2021," kata ketua ketua kwartir Cabang, Drs. KH Abdul Mukid Arief, dalam surat resminya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Dia mengucapkan terima atas dukungan semua pihak selama memimpin Kwarcab Jember, priode sebelumnya. Dia juga mengaku sangat senang dengan gerakan pramuka ini. 

"Karena di sinilah insan-insan yang cinta NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, di Pramukalah kita menemukan itu," ucap kyai yang juga  mantan wakil Bupati Jember priode 2015-2020 ini. 

Menurutnya, Kwarcab Jember menempati ranking ke-6 dalam pengisian SIPA (Sistem Informasi Pengelolaan Anggota) Pramuka se-Jatim dengan jumlah 120.000 anggota. Sudah banyak sekali kegiatan Pramuka Jember,  dalam membantu Program Pemerintah Daerah, salah satunya dalam menangani penyebaran Covid-19.

Sedangkan Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengapresiasi pelaksanaan Muscab Pramuka tahun 2021 ini. Dia juga mendukung siapapun yang terpilih dalam muscab hari ini.

"Siapapun yang terpilih nantinya dapat membawa Gerakan Pramuka Kwarcab Jember lebih maju dan besar," katanya. 

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada KH Drs Abdul Muqid Arief yang telah memimpin Kwarcab Jember dengan baik. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Hendy juga berharap Pramuka lebih bersinergi lagi. Khususnya dalam penanganan Covid-19 sebab hingga saat ini masih masa pandemi meski Jember pernah di level 1 dan saat ini naik ke level 2 lagi. Semoga bisa kembali lagi ke level 1 dan seterusnya bebas Covid-19.