Warga Seccang Dapat Suplai Air Bersih dari Pemkab Bondowoso

BPBD Bondowoso saat menyuplai air kepada warga/RMOLJatim
BPBD Bondowoso saat menyuplai air kepada warga/RMOLJatim

Warga Dusun Seccang, Desa Lumutan, Kecamatan Botolinggo mendapat Suplai 10 ribu liter air bersih dari Pemkab Bondowoso, Kamis (23/9).


Sebanyak dua mobil tangki air bersih disalurkan langsung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso ke daerah yang memang sering mengalami kesulitan air bersih saat kemarau panjang tiba.

Dalam kesempatan itu, Bupati Salwa mengatakan, sejak  2019 lalu pihaknya telah berusaha mengajukan pengeboran dikawasan rawan kekeringan kepada Pemprov Jatim terutama di Desa Gayam. 

"Kalau dari APBD sendiri masih melihat kemampuan anggaran dan akan diupayakan," jelasnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara itu, Kepala BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan menambahkan bahwa bantuan air bersih akan berkelanjutan sesuai dengan permintaan desa yang membutuhkan.

"Ke depan kami akan melakukan pengeboran. Tentunya berkolaborasi dengan OPD terkait. Seperti PUPR, Perkim atau mungkin kepala desa," paparnya.

Dadan melanjutkan bahwa BPBD akan mengajukan pengeboran di Bondowoso kepada BPBD Jatim, terutama di wilayah rawan kekeringan.

Dari pantauan di lokasi, sebagian besar Dusun Seccang mengalami kekeringan. 

Bahkan lokasi ini nampak lama tak turun hujan, sehingga banyak warga yang berharap bantuan air bersih terus berkelanjutan. 

Padahal sebagian desa di Kabupaten Bondowoso sudah diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir.