Pengamat: Emil Dardak Diprediksi Jadi Kandidat Kuat Dalam Musda DPD Demokrat

Pengamat Politik Unijoyo, Surokim Abdussalam/Ist
Pengamat Politik Unijoyo, Surokim Abdussalam/Ist

Emil Elistianto Dardak diprediksi menjadi kandidat kuat dalam Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat (PD) Jatim, yang akan digelar akhir tahun 2021.


Hal itu dikatakan oleh Pengamat Politik Unijoyo, Surokim Abdussalam. Ia menyebut bila dalam Musda DPD PD Jatim tidak akan lepas dari power DPP.

"DPP tentu tidak mau kehilangan power dihadapan DPC Jatim, sehingga menurut saya juga akan fight meng-gol-kan jagonya," ujar Surokim dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (24/9).

Letak keseruannya, kata dia, karena tren yang terjadi di partai lain juga sedang berhembus kuat di Jatim. Di mana DPP, dapat melakukan penunjukan langsung atau melalui mekanisme tertutup sistem komando.

"Jika itu yang terjadi maka posisi Mas Emil akan menguat," katanya.

Angin politik tentang penguatan kaki-kaki DPP, di daerah juga penting untuk dicermati. Karena juga terjadi di partai-partai yang lain.

"Musda PD Jatim akan memasuki babak seru dan krusial. Kita akan disuguhi kontestasi yang manifes, di mana selama ini cenderung laten. Saya pikir tarik ulur kekuatan antarcalon akan mengerucut pada dua kandidat yang merepresentasikan kekuatan DPC dan DPP," papar Surokim.

Bagi Demokrat, yang sedang terpecah perhatiannya lantaran menghadapi kekuatan PD kubu Moeldoko, kata dia, Musda PD Jatim akan berlangsung sengit dan menjadi salah satu pertaruhan DPP dan juga kekuatan arus bawah DPC.

"Jika yang maju adalah Mas Emil dan Mas Bayu maka kontestasi ini kian rumit dan kompleks. Tidak sekadar kekuatan DPP dan DPC, tetapi juga patron-patron strong man yang ada di belakang para kandidat," sebutnya.