Pemkot Malang Raih Gelar AIKID, OPD Diharapkan Lebih Optimal

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji /Ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji /Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih gelar Anugrah Inovasi dan Kreatifitas Informasi Digital (AIKID) tahun 2021. Dengan meraihnya gelar tersebut, Wali Kota Malang, Sutiaji mengharapkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang melakukan tugas dan fungsi dalam melayani masyarakat secara optimal.


"Alhamdulillah kami mendapat gelar ini. Yang terpenting, masing-masing OPD di lingkungan Pemkot Malang harus makin optimal menjalankan tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat Kota Malang," ungkapnya, di Balaikota Malang, Rabu (29/09)

Bahkan, lanjut Sutiaji, kalau perlu seluruh OPD untuk sering menyampaikan program yang telah dilakukan ke publik. Sehingga masyarakat mengetahui, tentang segala kegiatan yang telah dikerjakan. Dan OPD harus mampu menangkap keinginan masyarakat Kota Malang.

"Hal itu perlu dilakukan, supaya masyarakat mengetahui. Apa saja yang dilakukan OPD. Sehingga ada sisi positif yang ditangkap oleh masyarakat dan OPD," jelasnya.

Masih kata Sutiaji, soal publikasi kinerja OPD dirasa masih kurang. Bahkan ia mencontohkan, ada masyarakat yang melapor bahwa tenaga pendukung operasional kegiatan (TPOK) untuk melayani keadminitrasian kependudukan di tingkat kelurahan sudah tidak ada. Padahal ada, namun jam kerjanya sampai 11.30 WIB di kelurahan.

"Selepas jam 11.30, mereka kan sudah kembali dan mengerjakan ke kantornya. Hal itu kan sudah disampaikan. Jika ada masyarakat yang melapor begitu, berarti masyarakat belum menerima informasinya. Sehingga OPD yang berkaitan harus gencar menginformasikan kegiatan dan programnya kepada masyarakat. Jadi tidak boleh menyalahkan masyarakat, karrna tidak tau info tersebut," pungkasnya.