Pemkab Kebumen Luncurkan Paket Wisata ‘Heritage on Wheels Kebumen’

  Pemkab Kebumen melakukan inovasi paket wisata ‘Heritage on Wheels Kebumen’ dengan bus klasik PO Sumber Alam/RMOLJateng
Pemkab Kebumen melakukan inovasi paket wisata ‘Heritage on Wheels Kebumen’ dengan bus klasik PO Sumber Alam/RMOLJateng

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai, Pemerintah Kabupaten Kebumen meluncurkan inovasi paket wisata ‘Heritage on Wheels Kebumen’. Paket wisata ini mengajak wisatawan mengunjungi gedung bersejarah dengan menggunakan bus klasik PO Sumber Alam yang bersejarah juga.


Tempat bersejarah yang dikunjungi Gereja Kristen Jawa, Klenteng, masjid agung dan pabrik genteng Sokka.

Pembina wisata Heritage on Wheels Kebumen, Sigit Tri Prabowo mengatakan, wisata heritage kota bertujuan untuk memperkaya khasanah pariwisata Kebumen. 

“Wisata heritage juga menjadi alternatif wisata edukasi sehingga diharapkan dapat menggugah kesadaran melestarikan budaya lokal,” kata Sigit, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (3/10).

Bupati Arif Sugiyanto mengungkapkan, paket wisata ini diharapkan mampu membangkitkan sektor kepariwisataan di Kebumen. Utamanya setelah tidur panjang selama masa pandemic Covid-19.

“Pariwisata merupakan salah satu senjata bagi Kabupaten Kebumen dalam menggerakkan ekonomi daerah. Hal ini karena pariwisata  merupakan salah satu sektor yang tidak terpengaruh dengan goncangan ekonomi global. Pariwisata juga merupakan lokomotif kemajuan suatu daerah,” kata Arif Sugiyanto.

Diakui Arif, pariwisata yang menjadi inti dari perekonomian dan ditetapkan sebagai sektor andalan, dampaknya akan meluas. 

“Contohnya adalah Bali, oleh karenanya kita harus jeli melihat peluang kepariwisataan. Pasar utama pariwisata kita dimasa depan adalah generasi milenial,” kata Arif.

Generasi milenial, lanjut Arif, paling senang dengan culture, ilmu dan adventure sehingga suka berwisata dan berpetualang. 

“Agar kita bisa memenangkan hati mereka, maka harus ada destinasi wisata baru, bagus dan beda. Promosi juga harus kuat di dunia maya. Turis sekarang juga tidak mau banyak informasi, tetapi butuh yang menginspirasi. Maka kita harus punya media promosi yang kuat lewat dunia digital,” katanya.

Terkait dengan wisata heritage kota Kebumen, Arif mengatakan, wisata bukan hanya sekedar menjadi wahana rekreasi, tetapi juga edukasi.

“Wisata heritage menjadi media untuk mengenal bangunan bersejarah di Kabupaten Kebumen. Peninggalan sejarah dan budaya merupakan cerminan kepribadian dan identitas suatu bangsa. Hal ini juga sebagai media pembinaan dan penanaman nilai-nilai budaya,” pungkasnya.

Peluncuran wisata ini dilakukan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di halaman pendopo rumah dinas bupati, Sabtu (2/10).