HUT TNI Ke-76, Dankodiklat AL Pantau Vaksinasi dan Ziarah Di Pesantren Tebuireng

 Dankodiklat AL di Pesantren Tebuireng/RMOLJatim
Dankodiklat AL di Pesantren Tebuireng/RMOLJatim

Serbuan vaksinasi Covid-19 menyasar 5000 santri di Pondok Pesantren, Tebuireng, Jombang. Vaksinasi ribuan santri itu, juga merupakan rangkaian peringatan HUT TNI ke 76, Senin (4/10).


Para santri mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis 2, upaya ini merupakan bagian dalam menanggulangi pandemi dan dalam rangka mendukung program vaksinasi nasional yang digencarkan pemerintah guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. 

Dankodiklat AL, Laksamana Madya TNI Nurhidayat beserta rombongan didampingi Bupati Hj Mundjidah Wahab bersama Forkopimda Jombang. Sebelumnya, rombongan diterima Bupati Jombang di Pendopo Pemkab Jombang dan berangkat bersama sama menuju ke Ponpes Tebuireng.

Setiba di Ponpes Tebuireng, rombongan disambut Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz yang akrab disapa Gus Kikin di ndhalem Kasepuhan. Selanjutnya berziarah ke makam Pahlawan KH Hasyim As'ary dan KH Wahid Hasyim, juga ke makam Presiden RI ke IV KH Abdurrahman Wahid.

"Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya ziarah. Ini merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa para pejuang yang telah merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI," kata Dankodiklat AL, Laksamana Madya TNI Nurhidayat, dikutip Kantor Berita RMOLJatim 

Terlebih lagi, lanjutnya, di Ponpes Tebuireng ini terdapat Pahlawan KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim juga Gus Dur yang sangat pluralis yang dapat di terima oleh semua golongan. Sudah sepatutnya sebagai generasi penerus mendoakan dan menauladani perjuangan tersebut.

"Kami mendoakan arwah para pahlawan agar amal baik, pengorbanan dan perjuangannya diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," terangnya.

Ditegaskannya, dengan berziarah, juga dapat menjadi pelajaran berharga supaya generasi yang ditinggalkan senantiasa berbuat yang terbaik meneruskan tongkat estafet perjuangan para generasi terdahulu, berjuang untuk rakyat, bangsa dan Negara

Pada kesempatan tersebut, selain berziarah secara langsung Laksmana Madya TNI Nurhidayat dan Bupati Jombang yang turut mendampingi rombongan memantau pelaksanaan serbuan vaksinasi oleh TNI. Sebanyak 5000 dosis vaksin disiapkan.

Tak hanya itu, sebanyak 350 paket bansos telah disiapkan. Diantaranya berasal dari Mabes TNI sebanyak 50 paket. Dari Panglima Kodam V Brawijaya sebanyak 150 paket. Dan dari Gubernur Jawa Timur 150 paket. Bansos diserahkan kepada Warakawuri, para Pejuang Veteran secara simbolis.

"Masih banyak pelajar yang ada di lingkungan Ponpes Tebuireng ini yang belum divaksin, oleh karenanya kita turut memenuhi capaian vaksinasi, agar tercipta herd immunity. Dan semoga bantuan sosial ini memberikan manfaat," tuturnya.

Sementara, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Terlebih dukungan TNI atas serbuan vaksinasi yang dipusatkan di Kabupaten Jombang.

"Selamat HUT Ke -76 kepada jajaran TNI. Terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan dari Dankodiklat AL. Terlebih lagi kegiatan ini mendukung cakupan vaksinasi Covid-19, serta memberikan bansos kepada mereka yang berhak menerima," tuturnya.