Dinsos Kota Kediri Beri Pelatihan Disasibilitas Tata Boga

Penyandang disabilitas mendapatkan pelatihan/Ist
Penyandang disabilitas mendapatkan pelatihan/Ist

Memberikan kesempatan bagi para penyandang Disabilitas di Kota Kediri untuk berkarya, Dinas Sosial Kota Kediri mengadakan Bimbingan dan pelatihan keterampilan boga bagi penyandang disabilitas. 


Kegiatan yang dilakukan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) "KUSUMA" ini diikuti oleh 33 peserta yang terdiri dari ex-ODJG, Tunarungu, Tunadaksa,Tunawicara dan para pendamping.

Kepala Bidang pelayanan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kota Kediri Luluk Nita Kumala mengatakan, hal ini merupakan kesempatan yang berharga bagi penyandang disabilitas untuk bisa berkembang dan meningkatkan kemampuan penguasaan keterampilan yang variatif dan sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas. 

"Kami mengajari para disabilitas ini, agar mereka bisa mandiri. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan penguasaan ketrampilan yang variatif dan yang sesuai dengan kemampuan para penyandang disabilitas," kata Luluk kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (25/10). 

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera,mandiri, dan tanpa diskriminasi. Luluk menambahkan, diperlukan upaya secara komprehensif dan berkelanjutan dalam pelayanan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Dengan rangkaian kegiatan hari pertama yaitu membuat keterampilan dan kerajinan, sedangkan pada hari kedua, peserta akan mendapatkan materi tata boga. Luluk berharap, dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan pelayanan rehabilitas sosial melalui kegiatan pemberian bimbingan fisik, mental, spiritual, dan sosial kepada para penyandang.