Menilik Indahnya Pulau Spongebob

Pulau Spongebob di Siemeulu/Ist
Pulau Spongebob di Siemeulu/Ist

Namanya, Pulau Spongebob. Letaknya di Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh. Bentuknya unik, mirip buah nenas. Seperti dalam serial animasi Nickelodeon Spongebob Squarepants.


Dari ibu kota Simeulu, Sinabang, jaraknya kurang lebih dua jam perjalanan. Tak heran, jika pulau ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Simeulue.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue pun akan menjadikan pulau ini  sebagai salah satu andalan wisata untuk pelancong domestik hingga manca negara. Perbaikan dan penataan terus dilakukan.

Sebelum pandemi Covid-19, pulau ini sempat dibangun sejumlah fasilitas pendukung. Namun rencana itu gagal. Karena anggaran sangat terbatas.

"Berhubung terjadinya refocusing anggaran dalam dua tahun terakhir," kata Bupati Simeulue, Erly Hasyim, dilansir dari Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (20/10).

Pulau yang berada di Samudera Hindia ini, sangat alami. Banyak burung bangau singgah di sana. Bahkan, sebagian masyarakat menyebutnya pulau Anudaiyan Balong atau tempat peristirahatan bangau.

Selain Pulau Spongebob, kata Erly Hasyim, ada pulau lain  yang memiliki panorama alam yang sangat indah di Siemeulu. Yaitu, Pulau Pinang. Saat ini juga semakin banyak diketahui wisatawan.

Pulau ini terletak di dua desa di Siemeulu, antara Desa Sambay dan Luan Balu, Kecamatan Teluk Dalam. Justru pulau ini lebih dekat dijangkau dari ibu kota Siemeulu, Sinabang, hanya sekitar 45 menit.

Saat tiba di Desa Sambay, untuk menuju ke Pulau Pinang harus menggunakan perahu. Wisatawan tidak perlu khawatir, di sana banyak perahu yang sudah disediakan warga.

Banyak wisatawan terpesona dengan keindahan yang disuguhkan. Pulaunya dikelilingi pasir putih, diimbangi biru laut dapat menyejukkan mata pengunjung.

Erly mengaku sedang membangun komunikasi dengan Pemerintah Aceh serta pemerintah pusat untuk membantu pemerintah kabupaten Siemeulu dalam menata destinasi wisata.

Sementera itu, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Siemeulu, Mirati, mengatakan selain Pulau Spongebob dan Pulau Pinang, ada Pantai Siambung Ambung Batu Alafan dan Awak Alaik Setare.

“Keduanya punya keunikan sendiri. Batu seperti dermaga terputus,” kata Mirati.Menurut Mirati, Pantai Siambung Ambung Batu Alafan dan Awak Alaik Setare merupakan tempat wisata yang sangat digemari semua kalangan.

“Karena usaha kuliner Spesifik Tabaha Batuk dan sejenis bisa dikomsumsi panas-panas,” kata Mirati. Kedua tempat wisata itu, kata dia, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lantik.