India Siap Produksi 5 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Dunia

Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
Perdana Menteri India Narendra Modi/Net

India siap untuk memproduksi lebih dari 5 miliar dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun depan untuk membantu dunia memerangi pandemi.


Janji itu dideklarasikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi selama sesi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia pada Sabtu (30/10).

Menurut Menteri Luar Negeri Harsh Vardhan Shringla selama briefing bersama wartawan, Modi menyoroti peran India dalam menyediakan pasokan medis ke lebih dari 150 negara.

Dalam hal ini, Modi menekankan pentingnya visi "Satu Bumi, Satu Kesehatan" yang menjadi landasan upaya kolaboratif dunia untuk memerangi pandemi Covid-19.

"Ini melibatkan kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan, kolaborasi lintas bidang dalam mengembangkan mekanisme yang dapat mengatasi pandemi di masa depan dan masalah kesehatan global di masa depan," kata Shringla, seperti dikutip India Narrative.

Modi juga mengemukakan fakta bahwa terlepas dari tantangan, India terus menjadi mitra tepercaya dalam konteks rantai pasokan yang andal selama pandemi.

"Kami siap memproduksi lebih dari 5 miliar dosis vaksin pada akhir tahun depan," kata Shringla, mengutip pidato Modi.

"Ini jelas akan tersedia tidak hanya untuk warga kita tetapi seluruh dunia dan ini adalah kontribusi kita sendiri untuk mengurangi ketidaksetaraan vaksin, terutama di negara berkembang," tambahnya.