WHO: Pada Waktunya, Akan Muncul Virus yang Tidak Dapat Dikendalikan Oleh Kita

foto/rmol
foto/rmol

Pada saatnya, akan ada virus baru yang muncul dan tidak dapat dikendalikan, bahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


Begitu peringatan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus ketika melakukan pertemuan dengan para menteri kesehatan dan keuangan kelompok itu pada Sabtu (30/10).

"Adalah kepastian biologis bahwa pada titik tertentu, virus lain yang tidak dapat kita kendalikan akan muncul," ujarnya, seperti dikutip Sputnik.

Tedros kemudian mendesak masyarakat internasional untuk belajar dari pandemi saat ini untuk mempersiapkan yang berikutnya.

"WHO harus diperkuat, diberdayakan, dan dibiayai secara berkelanjutan,” tambahnya, sembari menambahkan bahwa WHO perlu mekanisme keuangan baru untuk memastikan respons cepat terhadap pandemi dan tata kelola yang lebih baik.

Untuk tujuan ini, Tedros mendesak negara-negara untuk mendukung pembentukan Dewan Pembiayaan Ancaman Kesehatan dan penandatanganan perjanjian internasional yang mengikat secara hukum tentang kesiapsiagaan dan respons pandemi.