Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK Lewat Pemanfaatan Trainer-Kit

Tim dosen UNESA berikan pelatihan pemanfaatan Trainer-Kit instalasi sistem audio berbasis proyek kepada siswa di SMKN 3 Bondowoso/Ist
Tim dosen UNESA berikan pelatihan pemanfaatan Trainer-Kit instalasi sistem audio berbasis proyek kepada siswa di SMKN 3 Bondowoso/Ist

Salah satu tujuan sekolah menengah kejuruan adalah menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan siap pakai di dunia kerja. 


Karena itulah, proses belajar dan pembelajarannya banyak menggunakan metode proyek. Guna meningkatkan kompetensi siswa SMK, tim dosen UNESA berikan pelatihan pemanfaatan Trainer-Kit instalasi sistem audio berbasis proyek kepada siswa di SMKN 3 Bondowoso.

Pelatihan yang merupakan bagian dari rangkaian program pengabdian kepada masyarakat itu secara bertahap diadakan sejak April hingga Oktober 2021. 

Dr. Edy Sulistiyo, M.Pd ketua kegiatan menyatakan bahwa program tersebut mulai dari perencanaan, studi lapangan, penyusunan materi dan modul disiapkan April-Juli 2021. Sementara khusus pelatihan diadakan pada Agustus 2021 di SMKN 3 Bondowoso. Kemudian, pada November ini, pihaknya memberikan pendampingan secara berkala. 

Dia melanjutkan, pelatihannya dikemas dalam bentuk penyampaian materi dari tim trainer tujuannya untuk memberikan gambaran dan pengetahuan seputar trainer kit serta bagaimana pemanfaatan serta prosedurnya dalam pembelajaran khususnya dalam instalasi sistem audio. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek yang dibimbing langsung para trainer. 

Menurutnya, trainer kit adalah serangkaian media pembelajaran yang terdiri dari perangkat atau alat peraga dan modul praktikum yang digunakan untuk mendukung kegiatan praktikum. Dengan kata lain, bisa juga diartikan sebagai set peralatan laboratorium yang digunakan sebagai sarana praktek. 

“Alat peraga penunjang praktek di SMK itu penting sekali karena dapat berdampak pada kompetensi siswanya,” ucapnya.

Lewat pelatihan tersebut, tujuanya adalah untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran serta praktek siswa dengan sistem perangkat atau peraga yang mutakhir. 

Dalam pembelajaran instalasi sistem audio-video tidak bisa berbasis teori, tetapi memerlukan praktek dan didukung alat peraga yang mumpuni. Selain itu, tujuannya adalah untuk melatih dan meningkatkan kompetensi siswa SMK di Kabupaten Bondowoso.

Dikatakan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik UNESA itu, target yang ingin dicapai dalam pelatihan yaitu kemampuan teknis siswa secara khusus baik dalam perencanaan maupun instalasi sistem audio terdiri dari aspek pengetahuan, prinsip kerja, prosedur kerja, metode, proses dan teknik. 

“Di luar itu, tentu juga membangun sinergi antara UNESA dengan SMK mitra dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah, termasuk Bondowoso,” tandasnya.

Tim PKM tersebut terdiri dari Dr. Edy Sulistiyo, M.Pd., sebagai ketua. Sementara anggotanya yaitu Fendi Achmad, S.Pd., M. Pd., Subuh Isnur Haryudo, ST, MT., Setya Chendra Wibawa, S.Pd., M.T., dan Yeni Anistyasari, S.Pd., M. Kom. 

“Kami dari FT dan fakultas lain di UNESA akan terus berupaya menjawab permasalahan yang di sekolah-sekolah lewat program dan berbasis inovasi,” pungkas Edy Sulistiyo.