8 Tips yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli sepeda Lipat

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Seperti namanya, sepeda lipat adalah model sepeda yang bisa dilipat sehingga lebih praktis untuk dibawa ke mana saja dan tidak terlalu memakan banyak tempat saat disimpan.


Sepeda lipat mengusung konsep simpel yang memang identik dengan kehidupan era modern yang serba praktis. Kini, sepeda jenis ini menjadi populer di kalangan masyarakat.

Sepeda lipat sendiri punya beragam bentuk, mulai dari roda kecil, sepeda balap, sepeda gunung, BMX, sepeda city, dan sepeda lipat listrik. 

Brand yang menjual pun banyak, salah satunya adalah sepeda lipat United. Namun, dari banyak pilihan yang tersedia, paling populer adalah sepeda lipat yang memiliki ukuran roda sebesar 16 dan 20 inci.

Tips Sebelum Membeli Sepeda Lipat

Sebenarnya, sepeda lipat dengan harga mahal tak menjamin nyaman saat digunakan. Zaman yang semakin berkembang membuat teknologi yang dipakai untuk membuat sepeda lipat pastinya semakin canggih. Nah, agar tidak salah beli, coba simak tips berikut ini.

Perhatikan Berat Sepeda

Cermat dalam melihat berat sepeda lipat setiap tipe bisa jadi cara termudah untuk memilih sepeda lipat. Kembalikan pada esensinya, sepeda lipat hadir untuk memudahkan Anda, baik saat membawa maupun menyimpannya. Pastinya, Anda tak ingin sepeda lipat memiliki bobot berlebih dan justru merepotkan.

Meski begitu, memang benar berat sepeda biasanya identik dengan kualitas bahan yang digunakan dan harga yang ditawarkan. Semakin ringan bobotnya, bahan yang dipakai biasanya semakin berkualitas, dan harganya pun tentu semakin tinggi.

Material Rangka Berkualitas

Selanjutnya, pilih material rangka dengan kualitas terbaik. Sama dengan bobot, semakin berkualitas bahan rangka, maka semakin mahal pula harga sepeda lipat tersebut. Misalnya, sepeda lipat dengan bahan rangka besi biasanya akan lebih murah harganya.

Tentunya, sepeda lipat dengan rangka yang terbuat dari bahan karbon atau alumunium memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Selain pilihan bahannya yang lebih ringan, performa yang diberikan bahan karbon maupun alumunium lebih maksimal dibandingkan dengan besi.

Spesifikasi Kecepatan

Ada beragam pilihan spesifikasi kecepatan yang biasanya dipakai pada sepeda lipat. Adanya fitur untuk mengubah kecepatan tersebut tentunya akan sangat berguna saat Anda menggunakan sepeda pada jalan tanjakan maupun turunan.

Pilihan spesifikasi kecepatan yang dimaksud adalah single speed dan internal maupun eksternal gear. Jenis spesifikasi single speed akan membuat Anda seperti memakai sepeda fixie alias tidak memiliki pergantian gear sama sekali.

Sementara untuk sepeda yang dilengkapi dengan internal maupun eksternal gear biasanya ditemukan pada sepeda balap atau sepeda gunung. Kedua jenis sepeda tersebut memang punya pilihan kecepatan yang bisa Anda sesuaikan.

Ukuran Ban

Semakin kecil ukuran ban yang Anda gunakan, semakin mudah sepeda tersebut dibawa. Pastinya, hal ini akan membuat hidup Anda lebih praktis. Meski begitu, ukuran ban yang terlampau kecil terkadang bisa tidak nyaman karena berat badan Anda pun berpengaruh.

Jadi, sebaiknya sesuaikan berat badan dan ukuran ban sepeda lipat yang digunakan. Berat badan berlebih tentu tidak cocok dengan ukuran ban kecil karena ban justru jadi lebih cepat rusak. Terlebih jika Anda menggunakannya untuk melintasi jalanan yang berlubang.

Ukuran Frame

Setiap brand sepeda lipat pasti punya ciri khas, keunggulan, dan kekurangannya. Setiap perbedaan produk pasti memberikan pengaruh besar terhadap ukuran frame-nya. Sederhananya, jika Anda membeli sepeda lipat untuk aktivitas harian, ukuran frame yang tidak terlalu besar dan panjang bisa jadi pilihan. Lebih baik lagi apabila sepeda tersebut dilipat, hasilnya bisa seefisien mungkin.

Cara Melipatnya

Beda merek dan tipenya juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap bagaimana cara Anda melipat sepeda. Jadi, sebelum membeli sepeda lipat, sebaiknya Anda sudah mengetahui dengan benar cara melipatnya. Artinya, Anda tidak akan kerepotan saat harus melipat benda tersebut dalam waktu singkat.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Jadi, apakah Anda sudah punya sepeda lipat incaran? Mungkin sepeda lipat United? Tentu hal ini membuat Anda lebih dapat menghemat waktu. Tinggal cari saja informasi sebanyak mungkin tentang sepeda incaran.

Manfaat media sosial Anda untuk bergabung dengan komunitas pencinta sepeda lipat, saksikan video yang mengulas sepeda lipat incaran dari para influencer. Kalau memang dibutuhkan, Anda bisa bertanya langsung pada anggota lainnya terkait sepeda lipat incaran.

Sesuaikan dengan Anggaran

Lalu, tidak kalah pentingnya, sesuaikan pilihan dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan terpaku pada pikiran bahwa semakin mahal harganya, sepeda lipat akan semakin nyaman digunakan. Pasalnya, kenyamanan setiap orang tidak bisa dinilai dengan harga.

Terlebih, kini telah banyak pilihan sepeda lipat yang menawarkan kenyamanan dengan harga yang lebih terjangkau. Pastinya dengan fitur yang sama canggihnya dengan sepeda lipat keluaran brand ternama.

Itu tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli sepeda lipat kesukaan. Jika Anda tertarik dengan sepeda lipat United, Anda bisa melakukan pengecekan spesifikasi, mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangannya, juga ulasan dari pengguna lain terlebih dahulu.

Lalu, cek harga dan beli langsung melalui laman resmi atau aplikasi Blibli. Anda berkesempatan mendapatkan banyak penawaran menarik dari Blibli, mulai dari promo, potongan harga, hingga cashback. Yuk, beli sepeda lipat United di Blibli!