Tinjau Rehabilitasi Bendungan Irigasi Duplang, Ini Harapan Bupati Hendy

Bupati Jember Hendy Siswanto saat meninjau lokasi bendungan Duplang/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto saat meninjau lokasi bendungan Duplang/RMOLJatim

Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau rehabilitasi bendungan irigasi persawahan di Dusun Duplang, Desa Kamal Kecamatan Arjasa dan Kelurahan Jumerto, Kecamatan Patrang, Selasa (16/11).


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Hendy meminta agar masyarakat mengatur pola tanam disaat musim kemarau. Hal ini sangat penting untuk ketersediaan pengairan persawahan

"Ini bagian dari Proyek kita, rehabilitasi bendungan Duplang, tahun 2021 dan sudah selesai," kata Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

"Proyeksi bendungan Duplang ini, merupakan salah satu dari 9 bendungan, yang diperbaiki, untuk mengairi lahan persawahan seluas 222 hektar," sambungnya.

Untuk selanjutnya, pihaknya tinggal  menunggu 6 bulan masa pemeliharaan, dan berharap dengan selesainya bendungan tersebut bisa meningkatkan produktivitas pertanian Masyarakat Desa Kamal.

"Keberadaan bendungan Duplang supaya dimaksimalkan, sehingga kebutuhan untuk mengairi 222 hektar sawah bisa tercukupi,"  harapnya.

"Melalui program ini, diharapkan mampu mempercepat pembangunan di sektor pertanian yang selama ini merupakan sektor prioritas," pungkas Bupati Hendy, didampingi tim dari Bappeda, Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember serta Tim Pengawas dari IPDMIP.

Untuk diketahui, bendungan irigasi Duplang ini dibangun pada 1993 silam dan baru sekarang diperbaiki. Bendungan ini  merupakan proyek IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program) Kementerian PUPR Republik Indonesia. Tujuannya  merealisasi potensi pengurangan kemiskinan melalui pertanian beririgasi.

Selain itu, Pemkab Jember akan merehabilitasi 9 bendungan mengairi total 2500 hektar persawahan.