Jenderal Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI

Jenderal Andika Perkasa resmi Jabat Panglima TNI/Repro
Jenderal Andika Perkasa resmi Jabat Panglima TNI/Repro

Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Merdeka, Rabu siang (17/11).


Andika dilantik oleh Presiden Joko Widodo dengan mengucapkan sumpah di bawah kitab suci Alquran. Nampak menjadi saksi pelantikan adalah Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia pada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar negara republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya pada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tgas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjungjung tinggi sumpah prajurit," demikian ikrar sumpah yang diucapkan mantan KSAD itu.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tampak menghadiri pelantikan mantan Pangdam Jaya itu. Megawati berdiri bersebelahan dengan Wakil Presiden Maruf Amin.

Tokoh politik lainnya yang hadir diantaranya: Mensesneg Pratikno, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepala staf seluruh matra.

Selain itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi I DPR dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.