Wali Kota Malang Bakal Wujudkan Potensi Kota Industri Melalui Industri Kreatif Berbasis Digital

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji/Ist
Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji/Ist

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bakal mewujudkan potensi kota industri melalui industri kreatif berbasis digital. Yang mana hal tersebut sejalan dengan Tribinacita Kota Malang. 


"Potensi Kota Malang sebagai kota industri sangat mungkin untuk diwujudkan melalui industri kreatif berbasis digital. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini semakin memicu tuntutan di berbagai bidang untuk mampu menyesuaikan diri ke arah digital. Sehingga potensi ini turut memegang peranan bagi tumbuh kembangnya ekonomi kreatif di Kota Malang," ungkap Sutiaji di salah satu Hotel Kota Malang. Rabu (17/11).

Selain itu, Sutiaji membuka kegiatan Malang International Digital Conference. Dan diharapkan masyarakat luas mengetahuinya, bahwa Kota Malang telah memiliki ekosistem yang sudah baik. 

"Tujuannya, agar masyarakat Kota Malang banyak yang tahu. Kalau Kota Malang memiliki ekosistem yang sudah baik,” ujarnya orang nomer satu di Kota Malang tersebut. 

Masih menurut Sutiaji, bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Komunitas STASION dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang bersama Bank Indonesia Malang. 

“Ekosistem yang telah terbangun dengan baik, tentu perlu kita kuatkan. Maka kita tunjukkan kalau Kota Malang telah mendunia. Kita juga berharap aktivitas dari berbagai pelaku industri digital start up ini akan mampu mengangkat kualitas ekonomi kreatif di Kota Malang. Dan bukan sekadar business oriented, tapi lebih pada industri kreatif bidang teknologi yang bisa membawa pada kesejahteraan masyarakat Kota Malang, menuju kota kreatif, " tambahnya. 

Bahkan, Sutiaji menyatakan, bahwa Pemerintah Kota Malang akan senantiasa hadir mendorong perkembangan sektor ekonomi kreatif tersebut. Salah satunya dengan didirikannya Malang Creative Center (MCC) yang saat ini dalam tahap pembangunan. Serta mendorong pelaku-pelaku industri digital di berbagai bidang, untuk terus berlomba-lomba mencari terobosan untuk terus berkembang. 

“MCC itu kita bangun karena Malang ini potensinya luar biasa. Maka kita tarik nanti menjadi tempat inkubasi di MCC ini. Teruslah berkarya, jangan cepat puas dan merasa hebat, " pungkasnya.[adv]