Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, RSUD Blambangan Siapkan Ruang Isolasi hingga Tambah ICU

RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi/RMOLJatim
RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi/RMOLJatim

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan Kabupaten Banyuwangi telah bersiap-siap untuk antisipasi gelombang ketiga Covid-19.


Prediksi tentang terjadinya gelombang ketiga covid telah diantisipasi oleh di RSUD Blambangan. Di antaranya dengan menyiapkan ruang isolasi 1, 2, dan 3; menambah ruang perawatan intensif atau yang dikenal ICU; hingga menyiagakan puluhan tenaga kesehatan (nakes).

Plt. Direktur RSUD Blambangan, dr Asiyah Anggraeni mengatakan, langkah-langkah antisipasi gelombang ketiga covid itu sesuai arahan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim.

"Yang kita siapkan ruang isolasi 1, 2, 3, kemudian kita menambah ICU, kemudian SDM juga sudah kita siapkan. SDM itu bisa mobile, nanti apabila ada peningkatan bisa kita fokuskan ke penanganan covid," ujar Asiyah dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (19/11).

"Untuk sementara ini SDM (nakes) itu kita sebar di beberapa ruangan. Nanti jika kasus covid itu meningkat akan kita fokuskan ke penanganan covid," imbuhnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, Banyuwangi juga masih mempunyai puluhan tenaga relawan yang membantu dalam penanganan Covid-19. Terlebih saat jumlah kasus covid harian mencapai angka puluhan, bahkan ratusan.

"Relawan ini kontrak, sampai Desember 2021. Nanti jika prediksi gelombang ketiga ini tidak terjadi, namun kinerjanya baik akan kita perpanjang," kata Asiyah.

Plt direktur RSUD Blambangan menambahkan, jumlah total bed yang disiapkan berjumlah 104 ranjang.

Dalam penanganan covid, nakes yang dilibatkan adalah tenaga perawat dan dokter. Jumlahnya, kata dia, mencapai puluhan.

"Nakes yang khusus pada covid itu yang perawat ya. Kalau jumlahnya puluhan," sebutnya.

Sekitar sebulan terakhir, Banyuwangi sudah tidak ada kasus aktif lagi. Sehingga nakes yang dilibatkan dalam penanganan covid lalu dikembalikan ke posisi semula.

"Setelah covid turun nakes yang fokus penanganan kita edarkan lagi ke ruangan masing-masing. Sekarang bed occupancy rate (bor) di ICU itu zero sejak kurang lebih satu bulan lalu," tandas Asiyah.