Pelatihan Pengembangan Perangkat, Tim PKM FT Latih Guru Pahami PJBL

Tim PKM kebijakan FT Unesa/Ist
Tim PKM kebijakan FT Unesa/Ist

Teknologi terus berkembang dengan cepat, perlu adanya persiapan bagi para generasi muda dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Guna membantu para guru dalam memahami pembelajaran berbasis proyek (PJBL).


Tim PKM kebijakan fakultas teknik Unesa menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Perangkat " Pembelajaran Project Base Learning Dan Penilaian Employability Skill Bagi Guru SMKN 3 Bondowoso",  yang diselenggarakan pada 4-5 November 2021. Kegiatan pelatihan ini sendiri diikuti seluruh guru SMKN 3 Bondowoso.

Dalam penuturannya, Dr. Edy Sulistiyo, M.Pd selaku ketua tim PKM mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini sendiri adalah untuk meningkatkan pemahaman guru terkait model pembelajaran project base learning (PJBL), employability skill, dan penyusunan RPP dengan model PJBL. 

"Siswa harus dibekali dengan Kompetensi abad 21 yaitu memiliki Karakter yang baik, Kompetensi, Literasi, HOTS dan 4C," ujarnya.

Menurutnya, perubahan dan perkembangan teknologi yang terjadi melahirkan revisi kurikulum SMK.

"Tentunya hal tersebut untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi dinamika dunia kerja," terangnya.

Pembelajaran berbasis proyek (PJBL) sendiri, ungkap Edi, merupakan upaya kompleks yang memerlukan analisis berdasarkan  target (analisis masalah).

"Harus direncanakan dan dikelola, karena perubahan yang diinginkan akan dilakukan di lingkungan masyarakat, organisasi, pengetahuan, dan sikap hidup" ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kedepannya tugas yang kompleks atau masalah harus diselesaikan dengan cepat dan tepat waktu. 

Tim PKM kebijakan ini sendiri terdiri atas Prof. Dr. H. Supari M., M. Pd/TE, Dr. Joko., M.T., M. Pd/PTE,  Arief Widodo.,S. T.,M.Sc/TE dan Dr. Edy Sulistiyo, M.Pd selaku ketua tim PKM. 

Masing-masing dari para anggota tim PKM ini memiliki kontribusi mereka masing-masing. 

Drs. Edy Sulistiyo,M.Pd  sendiri berkontribusi dalam Mengembangkan Modul PJBL dan penilaian abad 21,  Prof. Dr. Supari., M.Pd berkontribusi dalam Penyusunan RPP,  Dr. Joko., M.Pd., M.T berkontribusi dalam Penyusunan Penilaian abad 21,Arief Widodo., ST.,M.Sc berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran, dan Sugiono berkontribusi dalam pengolahan data.

Dari pelatihan ini, Edy berharap melalui pelatihan ini para guru dapat semakin meningkatkan kemampuan mereka dan memahami lebih dalam pembelajaran berbasis proyek. 

"Semoga apa yang kami berikan ini bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa kedepannya," pungkasnya.[adv]