Prabowo Pesan Pesawat Airbus A400M, Begini Kata Warganet

Pesawat Airbus A400M/Net
Pesawat Airbus A400M/Net

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto resmi memesan dua pesawat jenis Airbus A400M yang akan dipergunakan untuk angkut personel dan konfigurasi multiperan tanker.


Pesawat A400M ini diklaim multiperan yang akan meningkatkan kemampuan taktis udara TNI AU.

Sontak, kontrak pesanan yang akan efektif mulai tahun 2022 ini pun disambut positif oleh warganet. Di lini media sosial Twitter, tagar #PrabowoPesanAirbusA400M bahkan menjadi trending topic Jumat sore (19/11).

"Ini keren nih. Selain berfungsi untuk taktis udara, A400M bisa jadi bagian aset bangsa dan berperan penting untuk misi bantuan manusia dan bencana," tulis akun Twitter @fitriadiila.

Hingga Jumat pukul 16.30 WIB, topik mengenai pembelian Airbus A400M sudah diunggah sebanyak 2.790 kali oleh warganet.

Mayoritas warganet mendukung langkah Menhan Prabowo demi meningkatkan kemampuan Tentara Nasional Indonesia.

"Pesawat ini juga akan punya peran penting dalam pekerjaan utama bisa untuk terjun payung dan transportasi kargo berat," jelas warganet bernama Anita Dian.

Menhan Prabowo berujar, pemerintah sedang mempertimbangkan pembelian A400M tambahan dalam waktu dekat. Pesawat A400M juga akan menjadi aset nasional yang berperan penting dalam misi kemanusiaan dan tanggap bencana di Indonesia.

"Terutama dengan adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang sedang kami jajaki bersama Airbus," ujar Prabowo dalam keterangan tertulisnya.

Pesawat ini mampu terbang tinggi atau rendah pada kecepatan tinggi. Hal ini dinilai ideal untuk pengisian bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya dengan menggunakan dua pod pengisian bahan bakar di bawah sayapnya.

Pesawat A400M juga memiliki kemampuan adaptasi, bahan bakar bisa diisi ulang di udara.