Tim PKM FT Unesa Berikan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi Untuk Guru SMK Negeri 3 Bondowoso

Tim PKM FT Unesa saat memberikan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi Untuk Guru SMK Negeri 3 Bondowoso/Ist
Tim PKM FT Unesa saat memberikan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi Untuk Guru SMK Negeri 3 Bondowoso/Ist

Saat ini, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menduduki peringkat 19 dalam klasterisasi perguruan tinggi dengan jumlah publikasi artikel ilmiah masuk jurnal bereputasi selalu meningkat dari tahun ke tahun.


PKM yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Unesa pada tahun 2021 adalah Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi Untuk Guru SMKN 3 Bondowoso. 

PKM ini didukung oleh 4 dosen Teknik Elektro yang kompeten dan telah berpengalaman dalam penulisan pada jurnal bereputasi dibidangnya. Tim PKM yang memiliki Ketua Pengusul Subuh Isnur Haryudo, S.T, M.T. dan beranggotakan Dr. Lilik Anifah, S.T., M.T., Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D., Yuli Sutoto Nugroho, S.Pd., M.Pd. serta Rina Harimurti, S.Pd., M.T. 

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop dengan memberikan layanan berupa penyusunan, pelatihan dan jasa konsultasi penulisan Karya Ilmiah dalam jurnal bereputasi. 

Adapun tujuan dari PKM ini adalah menguasai cara praktis dan kiat sukses penulisan karya ilmiah pada Jurnal Bereputasi. Pelaksanaan kegiatan dalam bentuk pelatihan pencarian informasi atau browsing internet, pembekalan penulisan artikel ilmiah, pendampingan pembuatan artikel ilmiah. 

Dengan kegiatan pelatihan ini, guru SMK Negeri 3 Bondowoso diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat artikel ilmiah sehingga hasil-hasil penelitian dan gagasan pemikirannya dapat disebarluaskan kepada masyarakat ilmiah. Setelah itu adalah peningkatan kualitas guru dalam hal penulisan karya ilmiah.

PKM ini menggunakan metode sosialisasi, seminar materi dan workshop penulisan karya ilmiah, diharapkan pelatihan yang diberikan bisa menghasilkan output berupa publikasi artikel ilmiah skala nasional. 

Pendampingan menulis artikel ilmiah ini dilakukan guna mengembangkan kemampuan kreativitas guru dalam menulis sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah dan dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan profesi guru dalam kenaikan pangkat. adv