APEL SISA Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa, Inovasi Dosen UNESA 

Sosialisasi dan pelatihan tentang APEL SISA di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan/Ist
Sosialisasi dan pelatihan tentang APEL SISA di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan/Ist

Sejumlah Dosen dan beberapa Mahasiswa Program Vokasi, Program Sarjana Terapan (D4) Administrasi Negara, Universitas Negeri Surabaya yang tergabung dalam suatu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang APEL SISA (Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa) di desa Kendal Kecamatan Sekaran kabupaten lamongan beberapa waktu lalu.


Adapun Tim Pelaksana Kegiatan PKM ini terdiri dari Dr.Agus prasetyawan, M.Si. Dr. Prasetyo isbandono, M.Si. Dr. Weni rosdiana S.sos., M.AP. Gading gamaputra, S.AP.,MPA. Noviyanti, S.AP., M.AP. Yuni lestari, S.AP., M.AP. 

Menurut Gading gamaputra, S.AP.,MPA. , Selaku Ketua Tim PKM mengatakan, Kegiatan PKM ini merupakan wujud pengabdian dosen dan mahasiswa kepada masyarakat sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah tentang pemberdayaan desa. 

Kegiatan ini diharap mampu membantu perangkat desa sehingga lebih efektif dan efisien dalam menjalankan administrasi kearsipan persuratan desa. 

APEL SISA (Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa) ini merupakan aplikasi yang berbasis dari Microsoft acces. 

Aplikasi ini digunakan untuk mengurus pelayanan yang berupa persuratan dengan selektif dan seefisien mungkin, juga dapat digunakan untuk melakukan pengarsipan persuratan tanpa perlu menulis ulang. 

Cara penggunaanya pun mudah dan jelas, sehingga tidak masalah jika di dalam instansi terdapat pegawai yang masih asing dengan teknologi.  

Kegiatan sosialisasi dilakukan kepada para perangkat desa dengan cara memaparkan materi tentang aplikasi tersebut. 

Gading gamaputra, S.AP.,MPA. pada 20 November 2021 mengatakan Para dosen dan tim mempresentasikan bagaimana cara mengoperasionalkan aplikasi pelayanan dan kearsiapan desa. 

Saat pertama kali aplikasi dibuka akan muncul form login, setelah login akan masuk pada menu utama, di menu utama itu perangkat desa bisa memilih administrasi persuratan apa yang dibutuhkan, misal pengurusan KTP, KK, akte kelahiran/kematian, ahli waris dan pengurusan surat-surat lainnya.  

Setelah pemaparan materi, para perangkat desa merasa sangat terbantu akan aplikasi 

tersebut, aplikasi tersebut berdampak kepada kecepatan dalam mengisi surat-surat dan mudah mengarsipkannya jika suatu hari di buka atau di butuhkan lagi. 

Penggunaan aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa memudahkan juga untuk langsung diprint atau mencetak sehingga sangat mempermudahkan perangkat desa dalam melakukan pelayanan.[adv]