Dongkrak UMKM Surabaya, Ini Upaya Tokko Semesta

Pressconference Tokko Semesta di Surabaya/RMOLJatim
Pressconference Tokko Semesta di Surabaya/RMOLJatim

Geliat ekonomi kini mulai merangkak naik, demikian juga dengan UMKM. Masih berkaitan dengan hal itu, dalam mendongkrak roda perekonomian UMKM di Surabaya dan Jawa Timur (Jatim), Tokko Semesta berupaya mendorong digitalisasi UMKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM baik online maupun offline.


"Tokko sebagai platform social commerce memiliki pendekatan direct to consumer yang berbeda dari platform jualan online lainnya, sehingga memberikan keleluasaan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dengan lebih kreatif dan memperkuat kedekatan dengan pelanggan," kata VP of Community & Merchant Success Tokko Fandy Silalahi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (20/11).

Lenih lanjut, Fandy, mengatakan, Tokko baru saja memperkenalkan kampanye Tokko Semesta yang merupakan salah satu program komunitas Tokko dan masuk ke dalam komitmen Tokko untuk mendigitalisasi pelaku UMKM di Indonesia.

Adapun kampanye ini memberikan pelatihan dan juga bimbingan melalui pendekatan hyper-personalised agar para pelaku UMKM dapat bersaing secara kreatif untuk melaksanakan bisnis secara digital.

Bobby sapaan akrab Fandy Silalahi, menjelaskan saat ini Tokko telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari seluruhnya adalah UMKM. 

Tokko Semesta menghadirkan pelatihan rutin bagi UMKM yang menyasar pada pengembangan usaha UMKM seperti teknik pemasaran digital, membangun brand dan memperluas jangkauan dengan iklan digital dan penentuan target pasar, meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk, dan masih banyak lagi.

Disamping mendapatkan pelatihan dan pendampingan, merchant Tokko juga dapat memanfaatkan fitur Tokko Plus atau program berlangganan untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak untuk pengembangan bisnis online.

Tokko adalah platform pembuatan website toko online untuk mempermudah transaksi penjualan UMKM yang dinaungi oleh PT Beegroup Financial Indonesia. 

Tokko memiliki misi memberdayakan UMKM dan pelaku bisnis agar dapat terus mengembangkan bisnis nya dengan baik melalui solusi teknologi yang tepat sasaran. PT Beegroup Financial Indonesia didirikan pada bulan Desember 2019, dan memiliki visi untuk memberikan pemerataan akses dan kemudahan bagi UMKM melalui solusi teknologi untuk mengembangkan bisnisnya secara mudah, aman, dan terpercaya.

Dalam 2 tahun keberadaannya, perusahaan ini telah menaungi 2 aplikasi yang berfokus untuk mendigitalisasi bisnis kecil yaitu BukuKas yang membantu UKM untuk mengatur pembukuan keuangan digital dan invent aris, serta Tokko yaitu aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan online beneran dengan memaksimalkan produk dan layanannya.