RELO, IIEF dan UNESA Mantapkan Kerja Sama Internasional

Kunjungan IIEF, RELO ke Unesa/Ist
Kunjungan IIEF, RELO ke Unesa/Ist

Indonesian International Education Foundation (IIEF) bekerja sama dengan Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta melakukan kunjungan ke UNESA, sebagai perguruan tinggi mitra pelaksana English Access Microscholarship Program.


Kunjungan IIEF dan RELO Kedutaan Besar Amerika Serikat disambut oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Dr. Sujarwanto, M.Kes., beserta beberapa pengelola unit kerja terkait di Rektor UNESA Lidah Wetan, pada Kamis, 18 November 2021. 

Dalam sambutannya, Direktur RELO Bradley Horn menyampaikan apresiasinya atas kerja sama antara Kedutaan Besar AS dan Unesa. 

“Kita telah lama bekerja sama, tidak hanya untuk Program Access, melainkan program akademik lainnya. Itu semua kita lakukan untuk kepentingan pembangunan sumber daya manusia,” ujarnya. 

Program Access (English Access Microscholarship Program) adalah program beasiswa pelatihan bahasa Inggris dan budaya Amerika Serikat selama dua tahun yang dilaksanakan selepas sekolah bagi siswa-siswi SMA tahun pertama. 

Program beasiswa ini dilaksanakan selama dua tahun di 5 kota secara serentak: Surabaya, Malang, Jogjakarta, Jakarta, dan Medan.

Sementara itu, Sujarwanto mengatakan bahwa dengan student body hingga 30.000 lebih, Unesa merupakan mitra yang potensial untuk bekerja sama di berbagai bidang. 

Melalui kebijakan program MBKM, akan membuka peluang kerja sama yang lebih luas bagi perguruan tinggi.

Pada kesempatan itu, Bradley Horn mengajak Mary K Trechock, perwakilan Atase Bidang Kebudayaan, Kedutaan Besar AS, yang juga hadir bersama rombongan, agar kerja sama antara Pemerintah AS dan Unesa bisa dibawa atau dilanjutkan dalam tataran kolaborasi ke tingkat lebih luas di bidang-bidang lainnya.

“Tidak hanya bahasa Inggris, seperti kolaborasi dengan universitas di AS untuk dosen tamu dan international credit transfer,” terangnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, UNESA telah bekerja sama dengan RELO dan mitra terkait di bidang pengajaran bahasa Inggris, seperti sebagai pengelola program beasiswa Access Site Surabaya di UPT Pusat Bahasa untuk periode 2020-2022, Virtual English Language Fellow pada tahun 2020-2021, dan Digital Extensive Reading sejak 2019.[adv]