75 Institusi dalam dan Luar Negeri Bahas Inovasi dan Kerja Sama Pendidikan Masa Pandemi

Bahas Inovasi dan Kerja Sama Pendidikan Masa Pandemi/Ist
Bahas Inovasi dan Kerja Sama Pendidikan Masa Pandemi/Ist

Dalam memperingati Dies Natalies ke-57, UNESA kembali memberikan kontribusi dengan mempertemukan 75 institusi yang terdiri dari universitas, foundation, duta besar dan berbagai lembaga yang memiliki fokus dalam bidang pendidikan yang berasal dari 25 negara dalam The 2nd Unesa’s International Forum of University Rectors (UNIFUR) 2021 yang digelar pada 23-25 November 2021.


Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengungkapkan dukungan dan latar belakang terselenggaranya acara tesebut. Atas nama lembaga, dia mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh universitas dan menteri yang mendukung terlaksananya acara tahunan itu. Setelah pandemi berlangsung hampir dua tahun, isu yang menjadi perhatian utama yaitu bagaimana upaya pemulihan dari berbagai sektor kehidupan.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pikiran-pikiran besar itu bisa datang dari institusi pendidikan.

“Melalui forum ini, kami berharap terbangun diskusi yang konstruktif dan saling berbagi wawasan sehingga bersama-sama kita dapat merumuskan berbagai ide dan gagasan yang dapat kita terapkan untuk bangkit dari pandemi,” ujar Nurhasan.

Acara ini dihelat secara daring dan disiarkan melalui kanal youtube Official Unesa. Beberapa pembicara yang hadir diantaranya adalah Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek), Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng, Kepala Bidang  Pengembangan Bisnis BUMN, Sitta Rosdaniah, Perwakilan University of Newcastle Australia, Prof. Caroline Chang, Perwakilan University of Malaya, Prof. Yong Zulina Zubaiiri dan Perwakilan SEAMEO Bangkok, Dr. Wahyudi.

Beberapa topik pembahasan yang dipresentasikan yaitu mengenai inovasi pendidikan dan kerja sama yang berbasis Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diterapkan Kemenristekdikti dan Akhlak yang diterapkan Kementerian BUMN. 

Selain itu, juga ada sharing session mengenai inovasi pendidikan yang diterapkan di University of Newcastle Australia, University of Malaya dan SEAMEO Sekretariat Bangkok.

Selain itu, pada penutup UNIFUR hari kedua, juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama dalam rangka Tridarma Perguruan Tinggi bersama PT. PAL, PT. Pindad, GNIK, Point Star Indonesia, Inti University Malaysia, PUP Philiphina, Baltic International Academy, University of Perpetual Health System Dalta Polino Campus, SEAMEO-SEA Qis, SEAMEO-SEA Qim, SEAMEO-SEA Molec. 

Selain itu, Unesa juga memberikan penghargaan Partnership Excellence Award kepada beberapa institusi, seperti Atdikbud Manila, Walakilak University, Tarlac Agricultural University, Tahu Seameo SEN. adv