Kata Waketum PAN, Presiden Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet pada Rabu Pon Pekan Depan

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto/RMOL
Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto/RMOL

Reshuffle kabinet kian dekat. Isu yang santer beredar, Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan jajaran pembantunya pada Rabu pekan depan.


Hal ini diungkap Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, yang mengaku mendengar kabar bahwa Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon, 8 Desember 2021.

"Saya dengar juga isunya begitu (Reshuffle Rabu Pon 8 Desember), katanya sih," kata Yandri, dlansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/11).

Namun demikian, Yandri menjelaskan kalau reshuffle kabinet tetap hak prerogatif Jokowi. Sebagai anggota koalisi, PAN akan mengikuti arahan Jokowi.

"Tapi kan itu hak prerogatif Pak Jokowi. Kalau PAN itu manut sajalah, kapan mau reshuffle," terangnya.

Yandri juga menyebut PAN telah siap jika diajak Jokowi masuk kabinet. PAN pun telah menyiapkan kader-kader terbaiknya. Seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua DPP PAN Soetrisno Bachir.

"Kita sudah siapkan kader. Sudah sering saya sampaikan. Banyak kader PAN yang siap untuk membantu pemerintahan Pak Jokowi," paparnya.

"Saya sudah sering sampaikan ke media, ya ada ketum kan, Bang Zul, ada Mas Tris Ketua MPP, ada Sekjen PAN (Eddy Soeparno), gitu, dan nama-nama lain," imbuhnya.

Di sisi lain, Yandri menegaskan belum tahu posisi apa yang bakal disiapkan Jokowi untuk PAN jika melakukan reshuffle. Ia hanya memastikan PAN bakal menyodorkan kader sesuai permintaan Jokowi.

"Belum tahu saya kalau masalah posisi, pos mana, belum tahu. Kalau ada reshuffle, kalau Pak Jokowi minta kader PAN, tentu kita usulkan nama yang diminta oleh Pak Jokowi," jelasnya.

"Kita tunggu dari Pak Jokowi saja, kan prerogatif Pak Jokowi. Kan bukan milih posisi atau mau di mana. Kan kita tunggu saja," tutupnya.