Program PKM UNESA di Ponpes Tahfidz Fathul Huda Berjalan dengan Baik

PKM UNESA di Ponpes Tahfidz Fathul Huda
PKM UNESA di Ponpes Tahfidz Fathul Huda

Program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang berjudul "Manajemen Pendidikan di Pondok Pesantren" dengan mitra yang dituju adalah Ponpes Tahfidz Fathul Huda Blitar telah terlaksana dengan baik selama 7 bulan berturut-turut. 


Terhitung sejak bulan Maret hingga September, tim PKM yang dipimpin Dr. Muhammad Sholeh, M.Pd berhasil melaksanakan tugas tanpa terkendala halangan berarti. 

Secara umum, kegiatan PKM ini berlangsung melalui 4 tahap, tahap perencanaan, tahap survei kebutuhan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 

Keempat tahap tersebut memiliki durasi pelaksanaan sekitar satu hingga dua bulan sesuai dengan porsi kebutuhan dalam setiap tahapan.

Tahap pertama, yakni tahap perencanaan yang dilaksanakan selama 2 bulan pada Maret dan April 2021. Pada tahap ini dilaksanakan koordinasi tim, pembuatan proposal dan pencarian mitra yang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan PKM Manajemen Pendidikan di Pondok Pesantren. 

Terpilihlah Pondok Pesantren Tahfidz Fathul Huda sebagai mitra karena dinilai memiliki SDM yang banyak secara kuantitas namun kurang tertata dalam segi kualitas manajemen pendidikannya. Hal tersebut kemudian didorong oleh respon yang baik dari Kyai dan Nyai Pengasuh Ponpes Tahfidz Fathul Huda saat tim mengajak mereka bermitra pada PKM ini.

Tahap kedua, yakni survei kebutuhan. Tahapan ini dilaksanakan beriringan dengan perencanaan dalam bulan Maret dan April 2021. Dalam tahap ini tim PKM melakukan analisis kebutuhan untuk keberlangsungan kegiatan pelatihan sebagai acara inti. 

Survei kebutuhan dilaksanakan dengan cermat dan teliti agar tidak berdampak pada tahapan selanjutnya. 

Pada PKM Manajemen Pendidikan di Pondok Pesantren Tahfidz Fathul Huda ini membutuhkan konsep yang efisien dan pelaksanaan teknis yang efektif. Tim PKM juga menyebarkan survei cepat kepada warga ponpes terkait kebutuhan yang belum tercapai selama ini dalam lingkungan pondok pesantren.

Tahapan ketiga sekaligus sebagai acara inti, yaitu pelaksanaan kegiatan pelatihan Manajemen Pendidikan di Pondok Pesantren untuk Pengelola Pondok Pesantren Tahfidz Fathul Huda Blitar. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan pada 30 Agustus 2021 dan diikuti oleh pengasuh dan pengelola pondo pesantren. 

Acuan kegiatan pelatihan ini terdapat pada kurikulum pelatihan yang sudah lebih dahulu disusun oleh tim PKM. 

Adapun kurikulum beserta narasumber pada pelatihan tersebut adalah, Materi 1 (Manajemen Peserta Didik), materi 2 (Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan), materi 3 (Manajemen Sarana dan Prasarana), dan materi 4 (Manajemen Kurikulum) disampaikan oleh Dr. Muhammad Sholeh, M.Pd. selama 8 jam pelajaran.

Kemudian, materi 5 (Manajemen Keungan), materi 6 (Manajemen Hubungan Masyarakat), dan materi 7 (Manajemen Layanan Khusus) disampaikan oleh Supriyanto, S.Pd., M.Pd. selama 8 jam pelajaran.

Selanjutnya, pendampingan penyusunan modul substansi Manajemen Pendidikan di Pondok Pesantren disampaikan oleh Shelly Andari, S.Pd.,M.Pd. selama 8 jam pelajaran Setelah pelatihan Manajemen Pendidikan diselenggarakan, tim PKM melakukan pendampingan selama satu bulan pada Juni 2021. Proses pendampingan ini mendapat respon positif dari peserta karena dapat berkonsultasi secara langsung terkait permasalahan nyata yang ditemukan. Tim PKM juga dapat mengetahui perkembangan teori yang diberikan kepada peserta.

Tahapan keempat sekaligus terakhir, yakni evaluasi dan rencana tindak lanjut. Evaluasi dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta agar mengetahui umpan balik yang dirasakan selama PKM berlangsung di Ponpes Tahfidz Fathul Huda Blitar. 

Sedangkan rencana tindak lanjut adalah perumusan terkait luaran yang akan dihasilkan setelah serangkaian kegiatan PKM ini. Adapun luaran yang dihasilkan adalah modul manajemen pendidikan dan jurnal ilmilah nasional. adv