Puncak Penghujan Harga Cabai Mulai Meroket

Petani sedang memetik cabai di lahan/RMOLJatim
Petani sedang memetik cabai di lahan/RMOLJatim

Sepekan terakhir ini harga cabai jenis cabai merah kecil (CMK) terus meroket. Saat ini saja harga cabai merah kecil ditingkat petani tembus Rp 35 ribu per kilo gram.


Padahal pada bulan sebelumnya, harga cabai ini hanya pada kisaran 20 - 22 ribu rupiah per kilo gram.

“Seperti biasa kalau sudah musim penghujan harga cabai merah kecil itu terus naik. Semoga saja ini terus mengalami kenaikan, karena sebelumnya harganya memang turun drastis. Itu harapan kami sebagai petani,” beber Rohandi, salah satu petani di Situbondo ini, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (2/12).

Masih menurut petani asal Desa Lamongan, ada beberapa faktor yang menyebabkan harga cabai saat ini mengalami kenaikan yang lumayan signifikan. Salah satunya karena musim hujan, menyebabkan pohon cabai cenderung mengalami pembusukan, sehingga menyebabkan tidak berbuah bahkan mati.

“Selain itu memang karena faktor waktu, hampir di setiap kota tanaman cabainya sudah melewati masa produktif berbuah sehingga berpengaruh terhadap minimnya stok cabai di pasar,” bebernya lagi.

Sementara itu, Adriyana, salah seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Mangaran, mengatakan, sebelumnya dirinya membeli cabe sebanyak setengah kilogram dengan harga sebesar Rp 10 ribu saja, namun saat ini hanya dapat seperempat kilogram cabe.

“Cabai kan salah satu kebutuhan dapur yang wajib ada, mau tidak mau kami harus membeli. Pernah dulu itu sampai tembus 100 ribu rupiah per kilonya. Beli 5 ribu rupiah cuma dapat 10 buah saja,” katanya.