Yayasan BSMU Resmikan Rumah Tahfidz Quran BSI di Magetan

Rumah Tahfidz Quran BSI/Ist
Rumah Tahfidz Quran BSI/Ist

Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) meresmikan program Wakaf BSMU, Rumah Tahfidz Bina Santri Indonesia (BSI) di Magetan. Peresmian rumah Tahfidz Quran ini bertujuan untuk membantu upaya pemerintah menanggulangi penurunan kualitas Pendidikan dan kemiskinan.


“Tujuan jangka panjang pendirian Rumah Tahfidz Quran Magetan adalah membentuk santri yang hafal, dan memahami Al Quran dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari,” kata Direktur Eksekutif Yayasan BSMU, Sukoriyanto Saputro, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (3/12).

Dengan diresmikannya Rumah Tahfidz Quran Magetan, sambung Sukoriyanto, melengkapi portofolio Rumah Tahfidz yang saat ini dimiliki, yaitu di Parung, Tangerang Banten dan Cimahi Jawa Barat. 

Dalam kesempatan ini Muwakif Rumah Tahfidz, Tri Budi Tjahjono yang juga sebagai Group Head HCBP BSI, berharap dengan hadirnya Rumah Tahfidz di Magetan bisa  mengenalkan pembelajaran Al Quran dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Islam kepada santri binaan. 

“Selain pembinaan AlQuran materi pelajaran di Rumah Tahfidz Quran ini adalah program Tahsin, penguatan aqidah, akhlak dan fiqh dan perbaikan bacaan Al Quran masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Magetan, Suprawoto, menyampaikan hadirnya Rumah Tahfidz dapat memberikan dampak positif untuk Magetan. 

“Rumah Tahfidz menjadi penggerak perubahan di bidang Agama khususnya di Al Qur'an,” ucapnya.

Selain itu, dengan keterlibatan masyarakat sekitar bisa menjadi sarana untuk belajar Al Quran. Kedepan diharapkan akan ada Kerjasama dengan Yayasan BSMU dalam program social di Magetan. 

Rumah Tahfidz Quran Magetan merupakan hasil wakaf rumah temporer selama 5 tahun, dengan luas tanah 320 meter persegi dan luas bangunan 260 meter persegi. 

Program Rumah Tahfidz Quran sesuai dengan visi dan misi Yayasan BSMU Umat yang menitikberatkan pada program-program yang berkelanjutan dan memberi dampak yang luas sebagaimana visi dan misi organisasi, serta mencapai tujuan SDGs (Sustainable Development Goals).

Peresmian rumah Tahfidz Quran ini bertujuan untuk membantu upaya pemerintah menanggulangi penurunan kualitas Pendidikan dan kemiskinan. 

Hadir dalam peresmian Rumah Tahfidz Quran ini, Bupati Magetan, Suprawoto, Direktur Eksekutif Yayasan BSMU, Sukoriyanto Saputro, Deputy Operasional RO IX Surabaya, Muhammad Nur Rohman dan Area Manager BSI Kediri, Agung Wahyudi Rahardjo.