Dandim Probolinggo Harapkan Pilkades Serentak Tahap II Jaga Suasana Kondusif

Suasana Penetapan Pilkades di desa Kalisalam Kecamatan Dringu. /RMOLJatim
Suasana Penetapan Pilkades di desa Kalisalam Kecamatan Dringu. /RMOLJatim

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Arh. Arip Budi Cahyono menyatakan, dalam Pemilihan Kepala Desa di 235 desa Se Kabupaten Probolinggo pada 17 Februari 2022, harus menjaga kekondusifan.


Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Arh. Arip Budi Cahyono menyatakan, dalam Pemilihan Kepala Desa di 235 desa Se Kabupaten Probolinggo pada 17 Februari 2022, harus menjaga kekondusifan

Hal tersebut ditegaskan Dandim, saat meninjau jalannya pengambilan Nomor urut Calon Kepala Desa di Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo.

“Mari kita ciptakan suasana Kabupaten Probolinggo yang sudah kondusif ini menjadi lebih kondusif. Jika sudah kondusif, maka desanya akan aman. Apabila desanya aman, Kabupaten Probolinggo secara umum akan aman,” jelasnya, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu (8/12).

Menurut Dandim, kunci kesuksesan itu dimulai dari keamanan dulu. Apa yang diprogramkan oleh Pemerintah Daerah tidak akan berjalan dengan baik apabila lingkungannya tidak aman. Aman dan tidaknya desa ini akan dimulai dari pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022.

“Saya berharap, laksanakan kompetisi yang bersih dan sehat karena kita semua bersaudara. Silahkan berebut pengaruh kepada masyarakat dengan cara yang sehat dan tidak boleh saling menjelekkan satu sama yang lain," tegasnya.

Selain itu, Dandim Probolinggo berharap, bagi para calon kepala desa yang terpilih nantinya pada saat pencoblosan 17 Februari 2022, agar bersama-sama membangun desa.

"Saya ingin Pilkades ini berjalan dengan baik dan yang terpilih harus sama-sama kita dukung. Mari kita samakan persepsi niat hati untuk membangun desa supaya bisa sejahtera,” tegasnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa secara umum pelaksanaan penetapan dan pengundian nomor urut cakades di desa yang telah terdapat paling sedikit 2 (dua) dan paling banyak 5 (lima) orang yang memenuhi syarat administratif ini berjalan dengan aman dan lancar.

“Harapannya tentu pelaksanaan Pilkades berjalan dengan sukses sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Tentunya kalau ada dinamika itu sudah biasa dalam setiap perhelatan pesta demokrasi. Semoga bisa segera diselesaikan dengan baik,” harapnya.

Dalam memantau jalannya Prosesi penetapan dan pengundian nomor urut cakades di Desa Sogaan dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo dan Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. (*)