Mentan Pastikan Proses Evakuasi Korban Letusan Semeru Berjalan Optimal.

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dan anggota Komisi IV DPR RI, Charles Meikyansah mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, pasca bencana alam Awan Panas Guguran erupsi Gunung Semeru.


Rombongan Mentan Langsung menyambangi pengungsi, yang berada di posko dan menyaksikan langsung upaya penanganan pasca kejadian bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

"Banyak saudara-saudara kita yang harus dievakuasi, harus kita selamatkan nyawanya sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo kemarin," kata Syahrul, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, bukan hanya manusia yang harus diselamatkan, tapi juga makhluk hidup lain, seperti tanaman dan hewan ternak, yang  juga harus diperlakukan sama. 

Untuk penyelamatan ternak perlu dibuat kandang di pengungsian,  juga spot-spot di beberapa tempat, yang nantinya masih dalam kendali Kementan. 

Dia menjelaskan seluruh pengendalian yang berkaitan dengan tiga agenda Kementerian Pertanian akan dipusatkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP). 

"Agenda pertama, yaitu agenda darurat seperti yang dilakukan hari ini. Agenda kedua berupa agenda temporary, menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan, kemudian melakukan recovery, apa yang bisa ditanam. Agenda ketiga, yaitu agenda permanen, perbaikan irigasi dan yang lainnya," jelasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Mentan memberikan bantuan, benih jagung, benih padi, bibit kopi Arabika untuk 847 hektare. Bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan.

Selain itu, masyarakat terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

  Sementara anggota DPR RI Fraksi NasDem Dapil Jember & Lumajang, Charles Meikyansah, saat mendampingi Mentan, menyatakan turut prihatin atas musibah yang terjadi di Lumajang.

 Melalui elemen DPD NasDem dan Garda Pemuda NasDem Lumajang, alumnus HI Universitas Jember ini,  akan mengawal proses evakuasi korban secara maksimal.

"Sesuai dengan arahan dari Bapak Menteri, saya pastikan dalam beberapa hari kedepan akan tetap bertahan di Lumajang," katanya. 

Hal ini dilakukan kata dia, untuk memastikan kerja-kerja kemanusiaan yg dilakukan oleh rekan rekan DPD, rekan-rekan GP NasDem, dan seluruh pihak yg turut membantu proses evakuasi warga terdampak, berjalan lancar & tak kurang suatu apapun.