Penuh Permintaan Kiai Sepuh, Said Aqil Siap Maju Lagi Sebagai Ketua Umum PBNU

Atas permintaan Kiai sepuh, Said Aqil Siroj siap maju lagi sebagai Calon Ketua Umum PBNU/RMOL
Atas permintaan Kiai sepuh, Said Aqil Siroj siap maju lagi sebagai Calon Ketua Umum PBNU/RMOL

KH Said Aqil Siroj menyatakan siap memenuhi permintaan kiai sepuh dan pengurus wilayah untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Muktamar ke-34 NU di Lampung mendatang.


"Niat saya menjawab permintaan-permintaan dari para kiai sepuh agar saya bersedia untuk mencalonkan diri kembali sebagai ketua umum PBNU periode yang akan datang," ujar Said Aqil dalam konferensi pers untuk menjawab permintaan kiai sepuh dan pengurus wilayah NU di Rumah Lobi, Bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/12).

Dikatakan Said, dia mendapatkan permintaan dari kiai sepuh baik secara langsung ataupun melalui surat. Bagi dia, permintaan itu sangat sulit untuk bisa langsung dijawab.

"Beberapa kiai sepuh antara lain Maulana Habib Luthfi Perkalongan, Tuan Guru Turmudzi Lombok, Abuya Muhtadi Banten, KH Dimyati Rois Kalimuwungu Kendal, KH Agoes Ali Masyhuri Sidoarjo, Kiai Bastuni Tasikmalaya, itu semua kiai sepuh yang saya anggap memiliki makom khusus di mata Allah," katanya.

Ketua Umum PBNU dua periode ini menceritakan, setelah ada permintaan dari Kiai Sepuh padanya, juga mengalir dukungan dari PWNU seluruh Indonesia dan beberapa cabang.

Ia mengaku telah berpikir panjang sebelum memutuskan maju kembali sebagai orang nomor satu di PBNU.

"Saya berpikir panjang, bertafakur merenungkan kembali apakah permintaan itu, saya ikuti atau tidak dengan melakukan istikharah dan ziarah ke makam makam para aulia," terangnya.

Ziarah itu, lanjut Said Aqil, diantaranya dia mengunjungi makam pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, Syaikhona Kholil Bangkalan serta Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Setelah saya anggap cukup ziarah ke para aulia itu, saya mendapatkan ketenangan hati, ketetapan hati. Saya terima permintaan atau perintah dari para kiai, permintaan sebagian besar para pengurus wilayah dan PCNU," pungkasnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.


ikuti update rmoljatim di google news