Wisata Kampung Blekok Situbondo Menangkan Penghargaan ADWI

Bupati Karna Suswandi (Tengah) bersama sejumlah pejabat teras Pemkab dan Ketua Pokdarwis pamer piala/RMOLJatim
Bupati Karna Suswandi (Tengah) bersama sejumlah pejabat teras Pemkab dan Ketua Pokdarwis pamer piala/RMOLJatim

Asa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur, untuk menjadikan Desa Wisata Kampung Blekok di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit bisa memenangkan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 akhirnya terkabul.


Kawasan wisata ini berhasil meraih juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Piala juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan ini diserahkan kepada Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo, pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kemenparekraf dan dihadiri langsung Bupati Situbondo Karna Suswandi di Jakarta, Selasa (7/12/) malam.

“Alhamdulillah Desa Wisata Kampung Blekok terpilih sebagai juara 1 Katagori Desa Wisata Rintisan. Semoga ini menjadi awal dari tumbuh dan berkembangnya wisata di Situbondo, untuk mewujudkan Situbondo berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya (Berjaya),” ujar Bupati Karna, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (8/12).

Meski hanya bisa berdoa, beber Karna, penghargaan tersebut diakui tidak pernah ada dalam perkiraan. Sebab, tidak hanya Situbondo, tetapi ada 50 nominator ADWI 2021 yang tersebar di seluruh penjuru negeri, yang ikut memperebutkan juara ADWI dengan tema "Indonesia Bangkit" tersebut. Bahkan, enam nominator diantaranya diketahui berada di Jawa Timur.

“Terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada pengelola Kampung Blekok, sehingga bisa meraih prestasi yang luar biasa ini,” bebernya lagi.

Apa langkah kedepan pasca menjadi jawara ? Bupati asal Desa Curah Tatal ini menegaskan, jika wisata merupakan salah satu pengungkit perekonomian di daerah. Oleh karena itu, predikat sebagai juara 1 Desa Wisata Rintisan ini, diharapkan mampu menggeliatkan perekonomian di Situbondo, yaitu dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisata.

“Ketika jumlah kunjungan bertambah, maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat Situbondo, sebab akan ada perputaran rupiah disini,” ujarnya.

Ia berharap, semua destinasi wisata yang ada di Situbondo, mampu menjadi wisata dengan kategori berkembang bahkan maju. Dan ini bukan tidak mungkin, karena Kampung Blekok bisa terpilih sebagai juara 1 ADWI Kategori Rintisan.

“Ke depan, pemerintah akan lebih serius lagi memberikan dukungan untuk kemajuan wisata di Situbondo,” kata Bung Karna.

Informasi lain yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa wisata se-Indonesia. Setelah melewati proses panjang Situbondo mampu masuk masuk 50 besar. Dalam prosesnya Situbondo terus konsisten masuk nominator, hingga akhirnya dinobatkan sebagai juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan pada ajang ADWI 2021.

Seperti diketahui, Wisata Kampung Blekok merupakan kawasan konservasi hutan bakau yang saat ini luasnya mencapai sekitar 27 hektare itu, mempunyai pemandangan alam luar biasa. Dan terdapat burung dengan berbagai spesies salah satunya blekok. Didukung dengan produk ekonomi kreatif masyarakat setempat, yang sudah punya pangsa pasar hingga ke luar negeri.[adv]