Kemendes PDTT Gandeng UNESA dalam Rekrutmen PLD 2021

Rekrutmen PLD 2021/Ist
Rekrutmen PLD 2021/Ist

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan UNESA dalam penyelenggaraan rekrutmen Pendampingan Lokal Desa (PLD) 2021. 


Acara rekrutmen wilayah tiga ini dihelat di UNESA pada 6-8 Desember 2021 di Kantor PPTI, Lantai Tiga, Gedung Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan.

Rekrutmen wilayah tiga tersebut terdiri atas empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Dalam kegiatan ini, PPTI UNESA ikut ambil bagian dalam membantu kelancaran sesi rekrutmen yang dilaksanakan secara semi daring itu. Setelah tes CBT ini, para peserta yang berhasil lolos akan melakukan sesi wawancara selama enam hari.

Achmad Labieb selaku Tenaga Ahli Pengelolaan SDM, Kemendes PDTT mengatakan bahwa pihaknya merekrut sekitar 1.741 orang untuk seluruh Indonesia. sedangkan untuk wilayah tiga sendiri, 150 orang berasal dari Jawa Timur, 147 dari Jawa Barat, 154 dari Jawa Tengah dan 17 dari Bali. 

“Tugas mereka, pemberdayaan dan fasilitasi pembangunan di desa, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban,” terang Achmad Labieb.

“Mereka ini tingkatan paling spesial. Ujung tombak Memendes ya teman-teman di PLD,” tandasnya. 

Dalam perekrutan itu, selain dengan UNESA, Kemendes PDTT juga bekerja sama dengan enam perguruan tinggi lainnya yang bertugas baik dalam menyiapkan infrastruktur maupun tenaga IT.

Dia mengakui kredibilitas UNESA selaku perguruan tinggi dalam menyelenggarakan acara semacam ini, sehingga dijadikan sebagai salah satu mitra. Ia juga mengacungi jempol atas kemampuan IT maupun kekompakan tim UNESA dalam melakukan rekrutmen.

 “Alhamdulillah per hari ini, tidak ada kendala dan aman-aman saja,” ungkapnya, Ia berharap kerja sama ini dapat berlanjut dalam penyelenggaraan acara dan agenda yang lain ke depannya.[adv]