Pemenuhan Hak Disabilitas Terus Diupayakan, Dinsos Bondowoso Lakukan Ini

Anisatul Hamidah, PJ Kepala Dinsos Bondowoso/RMOLJatim
Anisatul Hamidah, PJ Kepala Dinsos Bondowoso/RMOLJatim

Dalam memberikan jaminan pemenuhan terhadap hak-hak para disabilitas, Dinas Sosial Bondowoso gelar lokakarya terkait rencana pemenuhan hak disabilitas, Rabu (15/12).


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso sendiri telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2021. 

Namun ironisnya masih banyak hal yang harus dilakukan agar apa yang seharusnya didapatkan oleh para disabilitas dapat terpenuhi dengan baik, termasuk akses fasilitas khusus difabel.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh, Anisatul Hamidah, Pj Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bondowoso, setelah mengikuti acara lokakarya penyusunan matriks rencana aksi daerah disabilitas 2021 - 2023. Rabu (15/12) siang.

Menurutnya, masih banyak hal yang harus direncanakan dan diupayakan untuk pemenuhan hak disabilitas, mengaca pada perda tentang pemenuhan hak disabilitas. 

"Persoalan pemenuhan hak disabilitas ini masih menjadi PR (pekerjaan rumah) besar bagi kita semua," katanya.

Melihat hal tersebut, pihaknya menggandeng berbagai organisasi pemerintahan, komunitas hingga organisasi kemasyarakatan dan perwakilan disabilitas melakukan lokakarya aksi daerah. Dari kegiatan tersebut diharapkan semua pihak memiliki mindset atau pemikiran hal yang sama, tentang pemenuhan hak disabilitas. 

"Tidak hanya menjadi ranahnya dinas sosial saja. Tetapi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan pilar-pilar yang ada di masyarakat," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Anis menjelaskan, dari kegiatan yang diikuti oleh sejumlah opd, organisasi kemasyarakatan (ormas) yang peduli dalam pemenuhan hak disabilitas, serta sejumlah perwakilan difabel tersebut, akan menghasilkan sebuah matriks. Khususnya tentang pembagian tugas dari masing-masing instansi pemerintahan maupun organisasi lainnya. 

"Akan ada matriks, siapa melakukan apa, begitu seterusnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, beberapa fasilitas untuk disabilitas di tempat umum hingga kantor opd belum ramah disabilitas. Bahkan, Minggu lalu saat gelar karya UMKM disabilitas, di Pendopo Bupati Bondowoso salah seorang disabilitas hampir terjatuh dari kursi rodanya akibat tidak ada akses jalan yang ramah disabilitas.