Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5,1 SR, Puluhan Rumah Rusak

rumah ambruk akibat gempa/RMOLJatim
rumah ambruk akibat gempa/RMOLJatim

Gempa bumi berkekuatan M 5,1 skala lighter (SR) sekira pukul 06:01:33 WIB di Jember menimbulkan kerusakan puluhan rumah di sejumlah titik. Daerah terdampak berada beberapa desa di Kecamatan Ambulu, yakni di Desa Sumberejo Dan Desa Sabrang, di yang terletak dekat pusat Gempa. 


Menurut Ketua PAC GP Ansor Ambulu,  Ahmad Luthfi, Daerah terdampak terbanyak berada di sumberjo Ambulu, terutama di Dusun bregoh. 

"Banyak rumah rusak Hampir merata di wilayah sumberjo, lebih dari 10 rumah," kata Ahmad Luthfi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis(16/12). 

Selain itu lanjut dia, dampak gempa terjadi di desa Desa Sabrang, bahkan ada pondok pesantren, yakni  PP Darul Hikmah, asuhan KH as'adi. Karena itu, dia mengerahkan anggota Banser, yang ada diwilayahnya untuk membantu mengevakuasi. 

"Alhamdulillah, di sekitar Desa Sumberejo, tidak ada korban terluka," katanya.

Sementara Kapolsek Ambulu, AKP Muhammad makruf, saat dikonfirmasi membenarkan adanya kerusakan tersebut. Mengingat daerah tersebut, dekat dengan pusat gempa. Namun hingga saat ini, anggotanya masih berada di lapangan, untuk membantu evakuasi serta melakukan pendataan korban.

"Jumlahnya masih belum bisa dipastikan, karena anggota masih berada di lapangan, masih mendata," katanya. 

Diketahui, sesuai informasi BMKG, gempa berkekuatan : 5.1 SR, berada pada Lintang : 8.55 LS Bujur : 113.49 BT, pada kedalaman  : 10 kilometer, berada 42 km Barat Daya Kabupaten Jember Jawa Timur. 

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata  Skretaris BPBD Kabupaten Jember, Heru Widagdo, dalam rilis BMKG.