Airlangga Hartarto Apresiasi Kongres PII Sejalan Visi Presidensi G20, Dorong Lahirnya Insinyur-insinyur Andal

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengikuti Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) XXII tahun 2021 di Nusa Dua, Bali/Ist
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengikuti Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) XXII tahun 2021 di Nusa Dua, Bali/Ist

Presidensi G20 Indonesia 2022 akan memberikan beragam manfaat, baik dalam sisi ekonomi, pembangunan sosial, dan politik di Indonesia. Khususnya untuk mendorong program pemulihan dan transformasi ekonomi nasional dan global yang inklusif, kuat, dan berkelanjutan.


Demikian disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat menghadiri Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) XXII 2021 di Nusa Dua, Bali, Jumat (17/12).

Lanjut Airlangga, mengangkat tema "Recover Together, Recover Stronger", Presidensi G20 Indonesia 2022 mengusung 3 topik utama. Yakni Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi berbasis Digital, dan Transisi Energi.

"Maka dari itu, saya mengapresiasi Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) XXII tahun 2021 yang berlangsung hari ini, memilih tema sejalan dengan visi Indonesia sebagai Presidensi G20," ucap Airlangga, Jumat (17/12).

Pemerintah, ujar Airlangga, mendukung PII untuk dapat mendorong lahirnya insinyur-insiyur Indonesia yang andal, sehingga menguatkan posisi Indonesia dalam percaturan kepemimpinan dunia.

Termasuk memperkuat kontribusi dan inovasi dalam hal resiliensi sistem kesehatan, memperluas pemanfaatan digital, dan konektivitas untuk pemulihan pasca pandemi.

"Serta membantu penciptaan model-model adopsi teknologi hijau yang pro rakyat, lebih konkret dan dapat diterapkan," kata Airlangga.

"Selamat mengikuti Kongres Persatuan Insinyur Indonesia XXII dan selamat berinovasi untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia," tutupnya.