Omicron Masuk RI, Luhut Akui Sulit untuk Zero Case

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, yang juga Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, yang juga Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan/Net

Varian Omicron yang sudah masuk ke tanah air direspon cepat oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, yang juga Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan.


Menko Luhut bahkan telah menggelar rapat koordinasi dengan kementerian terkait untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran varian Omicron ini.

"Betul, Pak Luhut telah memimpin rakor terkait Penanganan penemuan varian Omicron pertama di Indonesia bersama jajaran terkait,” Jurubicara Luhut Jodi Mahardi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/12).

Ditegaskan Jodi bahwa Menko Luhut sangat hati-hati sekali dengan kemunculan Omicron. Ini lantaran Indonesia adalah negara yang begitu besar dan kemungkinan potensi masuknya Omicron juga sangat besar.

Fokus Menko Luhut, sambung Jodi, adalah berupaya menekan angka kematian. Sebab, di satu sisi akan sulit jika harus fokus menekan angka kasus positif.

"Pak Menko menyampaikan bahwa agak sulit untuk zero case, namun sekarang kita menekan agar zero hospitalisation dan death case akibat varian Omicron di Indonesia,” tegasnya.

“Selain itu vaksinasi juga harus terus dikejar hingga 100 persen dan tetap taat prokes begitu,” demikian Jodi Mahardi.