Ganjar Pranowo: Metode Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Tidak Sulit

foto/rmol
foto/rmol

Program vaksinasi anak usia 6-11 tahun menjadi program prioritas pemerintah untuk mencapai target herd immunity atau kekebalan komunal jelang berkahirnya tahun 2021.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun di SDN Podosugih 03 dan SDN Tirto 03, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Senin (20/12).

Pada kunjungan di SDN Podosugih 03, Ganjar berdialog ceria dengan 140 siswa peserta vaksinasi yang tidak menampakkan rasa takut untuk mendapatkan suntikan vaksin.

"Rasanya tidak sakit. Disuntik (vaksin) agar tidak terkena Covid-19," ujar salah satu siswa Khabiburrahman saat berdialog dengan Ganjar.

Hal yang sama juga ditemui Ganjar di SDN Tirto 03, Pekalongan Barat. Seperti yang diungkapkan oleh Fatih Muzakki dan Nadia yang bersedia divaksin setelah mendapatkan izin dari orang tuanya.

"Sempat merasa pegal-pegal setelah disuntik tapi sekarang sudah tida apa-apa. Tadi disuntik vaksin Sinovac," ujar Fatih.

Sementara, Ganjar menyampaikan, target vaksinasi anak ada sekitar dua jutaan di Jawa Tengah. Dia berharap bisa dilakukan percepatan sehingga memberikan rasa aman dan tenang serta pembelajaran tatap muda berjalan lancar.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, metode vaksinasi anak dinilai lebih mudah dilakukan di sekolah. Sebab anak-anak tinggal dipanggil ke sekolah dan disuntik di sana.

"Kita akan lakukan percepatan vaksinasi anak-anak ini di sekolah-sekolah karena metodenya mudah. Tinggal undang saja anak-anak, berikan vaksin di situ, selesai," pungkasnya.