Wali Kota Mojokerto Dapat Apresiasi Kementerian Investasi/BKPM

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima penghargaan dari Menteri Investasi/BKPM Bahli Lahadia/ist
Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima penghargaan dari Menteri Investasi/BKPM Bahli Lahadia/ist

Kota Mojokerto mendapat penghargaan dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atas partisipasi dalam penerbitan dan pembagian NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi pelaku Usaha Menengah Kecil Perseorangan. 


Penghargaan diberikan oleh Menteri Investasi/BKPM Bahli Lahadia di Graha Sepuluh November, ITS Surabaya, Rabu (22/12). Penghargaan diterima langsung Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Pemerintah Kota Mojokerto disamping melakukan pendampingan dalam produksi melalui inkubasi wirausaha terkait perizinan khususnya penerbitan NIB, juga memberikan layanan jemput bola di masing-masing kelurahan dalam program Jempol Mempesona. Serta, penyerahan NIB secara langsung oleh Ning Ita dalam Jumat Berkah.

Bahli menyampaikan bahwa UMKM harus bisa menjadi instrumen ekonomi yang kuat yaitu dengan kolaborasi dengan memanfaatkan Online Single Submission (OSS) yang juga sudah dapat diakses melalui aplikasi di smartphone. 

Sementara Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki yang juga hadir menjelaskan bahwa selama ini pelaku UMKM kesulitan mengakses perbankan dan tidak bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan besar, karena tidak memiliki badan hukum. 

Namun, berdasarkan UU Cipta kerja cukup dengan memiliki NIB sudah dapat melakukan kontrak bisnis dengan korporat. 

Pada kesempatan yang sama Wagub Jawa Timur Emil Dardak menyampaikan bahwa ini akan mempermudah mensinkronkan program-program provinsi. Dirinya berharap hal ini akan semakin meningkatkan potensi dan peluang yang dimiliki oleh masing masing UMKM yang ada di Jawa Timur.