Bupati Mojokerto Serahkan Bantuan Paket Sembako untuk Warga Desa Ngrame Terdampak Banjir

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan bantuan paket sembako untuk korban banjir di Balai Desa Ngrame Kecamatan Pungging/ist
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan bantuan paket sembako untuk korban banjir di Balai Desa Ngrame Kecamatan Pungging/ist

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati kembali mengelontorkan bantuan untuk korban banjir di Balai Desa Ngrame Kecamatan Pungging berupa beras 10 kg dan sembako bantuan dari Pj Gubernur Jatim sebanyak 300 paket untuk warga terdampak banjir Desa Ngrame.


Penyerahan bantu paket sembako berlangsung di Balai Desa Ngrame, Rabu (13/3) sore.

Sebelumnya Pemkab Mojokerto juga mengelontorkan bantuan ke desa sebelah yang juga terdampak banjir yakni Desa Sumbergempol Kecamatan Mojosari.

Bupati Ikfina dalam sambutannya sebelum menyerahkan bantuan mengatakan bahwa warga yang terdampak banjir akan mendapatkan bantuan pangan berupa beras 10 kg dan paket sembako.

“Saya minta agar bantuan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk menjamin ketersediaan pangan di rumah warga. Selain itu sebelumnya warga Ngrame juga telah mendapatkan bantuan pengobatan dari Dinkes Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Bupati Ikfina berpesan agar warga tetap waspada terhadap situasi iklim saat ini. Karena perubahan iklam dapat timbul sewaktu-waktu dan itu dampaknya kepada masyarakat di Kabupaten Mojokerto.

Sementara itu Kepala Desa Ngrame Kecamatan Pungging Juliastutik mengatakan saat ini air yang merendam di desanya sudah surut dengan cepat, dengan adanya bantuan pompa penyedot air.

Biasanya kalau ada banjir, air surut lebih lama dan bahkan hampir 2 minggu. Tapi kali ini lebih cepat kurang dari tiga hari.

“Saya mewakili perangkat desa, lembaga desa dan warga Desa Ngrame juga mengucapkan terima kasih, karena kebutuhan warga dengan cepat tertangani dengan adanya koordinasi dan kerjsama,” kata Kades Juliastutik.

Selain bantuan dari BPBD Provinsi Jatim, bantuan juga datang dari BNPB untuk korban bencana di wilayah Kabupaten Mojokerto 

Bupati Ikfina menjelaskan, adapun kebutuhan mendesak yang disalurkan oleh Pemkab Mojokerto untuk warga yang terdampak bencana banjir sebelumnya saat awal terjadinya banjir berupa bantuan nasi bungkus, selimut, obat-obatan, air minum, matras, paket sembako, air bersih, dan peralatan pembersihan rumah.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto Yo'i Afrida dan Kepala Perangkat Daerah terkait. (Adv)