Edukasi Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Metabolik di Lingkungan Kampus

Tim Dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat/Ist
Tim Dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat/Ist

Kesehatan sudah menjadi kebutuhan utama sehingga upaya-upaya dalam menjaga kebugaran harus dilakukan. Naiknya angka berbagai macam penyakit metabolik salah satunya berasal dari life style atau gaya hidup masyarakat, terutama pada pola makan dan kurangnya aktivitas fisik.


Tim Dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk memberikan edukasi tentang pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan penyakit metabolik di lingkungan kampus UNESA. 

Berbagai macam penyakit seperti diabetes melitus atau kencing manis merupakan gangguan metabolisme secara genetis dan klinis dengan manifestasi berupa hilangnya toleransi karbohidrat. Menurut ADA (American Diabetes Association) kencing manis merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua duanya.

Tim PKM Dosen UNESA menegaskan pentingnya aktifitas fisik. Selain untuk mencegah juga untuk terapi, contohnya adalah aktivitas aerobik yang merupakan aktivitas bergantung terhadap ketersediaan oksigen untuk membantu proses pembakaran sumber energi. 

Yang mana pada aktivitas ini akan berdasar pada kerja optimal dari organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru dan juga pembuluh darah untuk dapat mengangkut oksigen agar proses pembakaran sumber energi dapat berjalan dengan sempurna.

Ketua Tim PKM dr. Nur Syahadati Retno Panenggak mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi serta memberikan contoh mengenai pola hidup sehat yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. 

"Kegiatan edukasi dengan sasaran awal mahasiswa UNESA yang ada dilingkungan kampus. Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan adalah aktivitas aerobik, yang merupakan olahraga dengan intensitas rendah-sedang yang dapat dilakukan secara kontinu dalam waktu yang cukup lama. Selain itu bisa dengan aktivitas seperti jalan kaki (jogging) dan bersepeda," terangnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (24/12).

Tim PKM ini juga terdiri dari Kolektus Oky Ristanto, M.Pd dan Renny Dwijayanti, S.Pd., M.Pd. Harapannya, PKM ini dapat bermanfaat dan bisa mengedukasi demi kesehatan serta pencegahan penyakit bagi civitas akademika UNESA.