Antisipasi Kemacetan, Dishub Probolinggo Pasang 18 CCTV

Pemasangan CCTV di kawasan Jalan Raga yang rawan macet/Ist
Pemasangan CCTV di kawasan Jalan Raga yang rawan macet/Ist

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo memasang Closed Circuit Television Camera (CCTV) di beberapa lokasi strategis di Kabupaten Probolinggo.


Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan, tujuan dari pemasangan CCTV ini adalah sebagai kelengkapan sarana informasi dan menjadikan sarana untuk melakukan pemantauan terhadap aktifitas lalu lintas di titik-titik strategis.

“Dengan demikian kita mempunyai data dan informasi tentang situasi lalu lintas yang ada di Kabupaten Probolinggo, khususnya di titik-titik strategis sebagai dasar atau kajian kita dan sebagai sumber informasi dalam sistem manajemen keselamatan transportasi,” katanya, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (27/12).

Menurut Taufik, pemasangan CCTV ini banyak sekali fungsinya, salah satunya adalah pembenahan di bidang transportasi dan pembenahan di dalam keselamatan transportasi. 

“Kamera ini hanya untuk memantau kemacetan dan kelancaran lalu lintas serta keselamatan dan keamanan lalu lintas,” terangnya.

Dengan adanya pemasangan CCTV ini Taufik mengharapkan kinerja Dishub akan lebih professional. Selain itu bisa menjalin sinergitas dengan jajaran samping termasuk kepolisian polri, khususnya lalu lintas.

“Dimana data-data dari CCTV ini nanti dibutuhkan manakala ada kejadian-kejadian yang berkaitan dengan lalu lintas. Harapan saya CCTV ini dapat mendukung program smart city yang tentunya diawali dengan smart transportasi,” pungkasnya.

Diketahui, hingga akhir tahun 2021 sudah terpasang sebanyak 18 CCTV di 7 (tujuh) lokasi strategis. Yakni, Exit Tol Probolinggo Barat dan Simpang 4 Pajarakan masing-masing 1 kamera, Exit tol Probolinggo Timur, Simpang 3 KPU, Depan Kantor Bupati Probolinggo dan Simpang 4 Stadion Gelora Merdeka Kraksaan masing-masing 3 kamera serta Simpang 4 Kampung Melayu sebanyak 4 kamera.