Mendesain Batik Cappadocia Terinspirasi dari Film Layangan Putus, Pembatik di Bondowoso Banjir Pesanan

Motif baju batik Cappadocia yang terinspirasi dari Film Layangan Putus/ist
Motif baju batik Cappadocia yang terinspirasi dari Film Layangan Putus/ist

Film Layangan Putus yang beberapa Minggu terakhir viral di kalangan ibu-ibu ternyata menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin batik asal Bondowoso.


Andriyanto seorang pengrajin batik tersebut merasa terinspirasi dari film tersebut yang mana dalam salah satu sesinya menampilkan tempat wisata terkenal di Turki yakni Cappadocia.

Seperti diketahui, dalam satu adegan Film Layangan Putus, Kinan menyebut Cappadocia, salah satu destinasi wisata favorit di Turki. Cappadocia sendiri berada di barat daya Kota Kayseri, Turki dengan suguhan Balon Udara.

"Jujur saja terinspirasi dari viralnya Film Layangan putus yang menyebut Cappadocia," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (4/1).

Menurutnya, setelah Cappadocia viral, dirinya kemudian berusaha mencari tahu apa maksud dari Cappadocia.

"Saya akhirnya browsing mencari tahu apa itu Cappadocia. Nah, ternyata setelah dicari lokasinya luar biasa, karena lokasi wisata dengan pemandangan yang indah dengan Balon Udara juga," sambung pria yang akrab disapa Andre tersebut.

Kemudian, Andriyanto mengaku langsung terinspirasi untuk membuat motif Cappadocia dengan motif utama Balon Udara dan pemandangan.

"Inspirasi itu datangnya darimana saja, kebetulan ini lagi viral akhirnya saya coba desain motif tersebut," tuturnya.

Begitu selesai motif Cappadocia tersebut, Andriyanto kemudian langsung menawarkan melalui akun media sosial, baik melalui Instagram, WhatsApp maupun Facebook.

"Alhamdulillah, sudah 10 orang yang langsung memesan motif ini," ungkapnya.

Harga satu potong kain batik dengan motif Cappadocia tersebut, oleh Andriyanto dipatok dengan harga Rp 700 ribu.

"Karena motif dan pewarnaannya agak rumit, dan kita hanya produksi sedikit untuk motif Cappadocia, karena kita buat sangat ekslusif dan terbatas," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news